Edisi 12-02-2017
Dua Gol Sanchez Hidupkan Peluang Juara Arsenal


LONDON – Alexis Sanchez menjadi simbol kebangkitan Arsenal di ajang Liga Primer. Dua golnya pada menit ke-34 dan ke-93 mengantar The Gunners mengandaskan Hull City di Emirates Stadium, London, tadi malam.

Kesuksesan ini tidak sekadar mengakhiri dahaga kemenangan, tetapi juga menghidupkan asa juara Arsenal yang sempat hampir tertutup. Tiga angka itu juga mengantarkan tim besutan Arsene Wenger ini untuk sementara mengumpulkan 50 poin dari 25 pertandingan yang sudah dijalani. Arsenal menggeser Manchester City (Man City) dari urutan ketiga klasemen. Namun posisi tersebut belum sepenuhnya aman karena The Citizen akan berlaga kontra AFC Bournemouth, Selasa (14/2). Arsenal menunjukkan dominasinya sepanjang babak pertama.

Meski kalah dalam penguasaan bola, Meriam London ini mampu membuat banyak percobaan tembakan ke gawang Hull pada paruh pertama tersebut. Tercatat sepuluh upaya dilakukan Arsenal dan salah satunya berbuah gol lewat aksi Sanchez. Catatan ini jauh berbeda dengan t o r ehan sang lawan, The T i g e r s , y a n g h a n y a mampu menciptakan satu peluang. Kans pertama Arsenal didapatkan Alex Iwobi dan Mesut Oezil saat laga baru memasuki menit kedelapan.

Gol yang ditunggutunggu tim tuan rumah akhirnya tercipta empat menit berselang. Kali ini peluang emas tidak disia- siakan Sanchez. Mendapatkan bola hasil kesalahan Andrew Robertson, bomber asal Cile tersebut menembakkan bola. Meski sempat mengenai tangannya, gol tetap disahkan. Kontroversi tak menghalangi keunggulan Arsenal hingga paruh pertama usai. Sanchez kembali mencetak gol lewat penalti. Skor 2-0 dipatenkan The Gunners. Hasil ini jelas memperpanjang pasukan Ibu Kota itu. Arsenal sebelumnya tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen Chelsea setelah menelan dua kekalahan.

The Gunners ditundukkan Watford 1-2 dan Chelsea 1-3. Kekalahan itu sempat membuat mereka terancam dicoret dalam perebutan gelar. Di sisi lain Sanchez juga memanaskan persaingan di daftar pencetak gol terbanyak. Dengan koleksi 17 gol, mantan pemain Barcelona tersebut bersaing dengan Romelu Lukaku (Everton), Diego Costa (Chelsea), dan Zalatan Ibrahimovic (Manchester United). ”Kami bermain ulet, fokus, dan terorganisasi. Tapi sedikit terhambat karena kami berada di bawah tekanan untuk memenangi pertandingan sehingga kehilangan beberapa peluang,” kata Wenger seperti dikutip BBC setelah pertandingan.

Meski mengemas tiga angka, hasil ini tak berarti meredam rumor atas masa depan Wenger. Pria Prancis ini kembali diisukan bakal pergi dari Emirates Stadium meski Wenger sendiri kembali menepis spekulasi itu. Bagi dia, target memenangi setiap laga menjadi fokus utama. ”Saya memiliki rasa hormat yang besar untuk negara ini dan klub ini dan saya bersyukur karena telah bekerja di sini selama 20 tahun. Pekerjaan saya adalah untuk membuat orang-orang ini bahagia dan ketika saya tidak melakukan itu saya merasa bersalah. Itu sebabnya penting bagi kami menang,” tuturnya.

Seperti diketahui, spekulasi masa depan Wenger sebagai arsitek Arsenal terus bergulir. Dengan kontrak yang akan berakhir musim ini, pelatih berusia 67 tahun tersebut kemungkinan tidak akan memperpanjang kerja sama dengan The Gunners. Kemungkinan itu diperkuat pernyataan mantan anak didiknya, Ian Wright. Mantan pemain yang sukses mengantar Arsenal menjadi juara Liga Primer 1997/1998 ini menuturkan bahwa Wenger sempat menyampaikan keinginan segera meninggalkan klub yang sudah ditukanginya sejak 1996 itu.

Bahkan rencana itu tak goyah meskipun manajemen Arsenal dikabarkan siap menyodorkan kontrak baru untuk dua tahun ke depan. ”Dia terlihat begitu lelah. Anda bisamelihat sendiridia sudah kehabisan napas. Saya merasakan adanya keinginan darinyauntukpergipada pengujung musim ini,” ungkap Wright seperti dilansir Soccerway. Kebersamaan Wenger dengan Arsenal memang kerap dihujani berbagai kritik, terutama dari fans fanatik The Gunners.Para pendukung Arsenal menilai Wenger sudah tidak layak lagi dipertahankan sebagai pelatih klub pengoleksi total 13 trofi kompetisi paling elite di Inggris ini.

Pasalnya Arsenal terakhir kali keluar sebagai juara Liga Primer pada periode 2003/2004. Sementara itu pada pertandingan lain Manchester United sukses membungkam Watford 2-0 di Stadion Old Trafford. Dua gol Setan Merah dilesakkan Juan Mata (menit 32) dan Anthony Martial (60).

Decky irawan jasri