Edisi 12-02-2017
Anies-Sandi Diprediksi Mulus ke Putaran Kedua


JAKARTA - Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terus menunjukkan pergeseran menjelang pemungutan suara 15 Februari.

Berdasarkan hasil survei lembaga Charta Politika, pasangan nomor urut 3 Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno dan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat menunjukkan tren peningkatan dukungan. Angka elektabilitas yang dirilis Charta menunjukkan Pilkada DKI akan berlangsung dua putaran dengan mempertemukan Anies-Sandiaga dan Ahok-Djarot. Berdasarkan survei yang dilakukan 3-8 Februari 2017 ini, elektabilitas Ahok-Djarot berada di urutan pertama dengan 39%, disusul Anies Baswedan- Sandiaga 31,9% dan terakhir pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono- Sylviana Murni 21,3%. Masih ada 7,8% responden yang belum menentukan pilihan.

”Jika melihat angka itu, berpotensi pilkada berlangsung dua putaran karena perolehan elektabilitas tiap calon masih di bawah 50%+1. Tren peningkatan terlihat di pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Sementara Agus-Sylvi mengalami penurunan,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di Jakarta, kemarin. Survei tersebut melibatkan 764 responden dari 800 yang direncanakan. Adapun margin of error 3,5% dengan tingkat kepercayaan 95%. Kemarin Indonesia Network Election Survey (INES) juga merilis hasil surveinya.

Hasilnya, juga membuka kemungkinan pilkada dua putaran. Hanya, bedanya, dalam survei yang dilakukan pada 2 hingga 9 Februari ini, Anies- Sandi menempati urutan pertama dengan elektabilitas 42,86%. Urutan kedua ditempati Ahok-Djarot 28,80%, disusul Agus-Sylvi 18,14%. Direktur INES Andri Gunawan menjelaskan, masih ada 10,2% calon pemilih DKI yang belum menentukan pilihan berdasarkan survei ini. Jumlah responden survei ini sebanyak 2.557 yang tersebar secara proporsional dan terverifikasi secara akurat dari total daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jakarta sebanyak 6.983.692 jiwa.

Adapun margin of error- nya 2,3% dengan tingkat kepercayaan 98%. Anggota tim sukses Anies- Sandi, Mardani Ali Sera, menilai penyebab elektabilitas Anies- Sandi melejit tak lepas dari turunnya Prabowo Subianto berkampanye di menit-menit akhir. Mardani berharap, tren kenaikan tersebut terus berlanjut hingga pencoblosan.

Yan yusuf/ sindonews/okezone