Edisi 05-06-2016
Eksplorasi Sudut Berbeda


Sebagai fotografer, kerap kita diingatkan untuk membuat foto yang berbeda dan lebih menarik dari suatu objek atau tempat. Hal tersebut relatif sulit dilakukan terutama jika objek adalah lokasi ternama dan tujuan wisata favorit.

Foto dengan bermacam angle pengambilan telah dibuat oleh fotografer lain sebelum kita mengabadikan tempat tersebut. Namun, selalu ada angle baru untuk dieksplorasi di suatu lokasi.

Foto berbeda dari satu tempat itu juga sangat penting untuk melengkapi koleksi foto perjalanan kita ke suatu destinasi. Misalnya, jika kita memotret Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta. Candi yang telah mendunia ini bisa menjadi lokasi berlatih untuk mendapatkan angle berbeda dari kebanyakan foto. Riset kecil lewat internet sebelum mendatangi lokasi bisa dilakukan terlebih dahulu untuk mempelajari foto yang telah dibuat.

Walaupun tujuan utama kali ini adalah mendapatkan foto berbeda dari kebanyakan, bukan berarti harus melewatkan angle mainstream lokasi memotret favorit wisatawan. Ambillah beberapa foto dari lokasi favorit tersebut, karena mungkin ini kesempatan pertama berkunjung untuk memotret di sana. Foto pertama Candi Prambanan di urutan paling atas merupakan contoh foto angle favorit wisatawan yang telah kita lihat berkali-kali di berbagai tempat mulai dari kartu pos, majalah wisata, hingga travel blog .

Setelah mendapatkan foto yang relatif aman dari lokasi favorit, mulailah melakukan eksplorasi untuk mendapatkan foto berbeda. Buatlah komposisi padat untuk menangkap detil-detil ukiran indah di dinding candi. Beragam motif ukiran di dinding merupakan objek foto yang juga tak kalah menariknya dari lanskap keseluruhan candi. Kemudian, pergunakan pepohonan di sekitar sebagai foreground atau menjadi bingkai dengan teknik framing seperti dicontohkan penulis lewat foto kedua.

Tempatkan salah satu bangunan candi di antara kedua pohon untuk mendapatkan foto yang berbeda. Menunggu senja hari merupakan cara lain mendapatkan foto berbeda dengan menerapkan teknik siluet. Keunikan garis luar tiap bangunan candi akan menghasilkan pola garis yang sangat menarik dalam foto. Terlebih jika beruntung, fotografer akan mendapatkan rona langit yang indah saat matahari terbenam di ufuk barat.

Foto ketiga adalah contoh foto siluet dari Candi Prambanan. Perhatikan garis terluar dari tiap bangunan candi, jaga agar mereka tidak saling bertumpuk dan tempatkan pada bidang komposisi yang tepat sehingga keindahan langit saat senja juga terlihat dalam komposisi foto keseluruhan.

Arie yudhistira