Edisi 12-01-2017
Poros Mahasiswa-Kreativitas Dan Anak Muda


Generasi muda merupakan salah satu elemen utama penerus bangsa. Generasi muda memiliki jiwa dan semangat yang tinggi dalam perubahan.

Generasi muda merupakan puncak transisi menuju kematangan. Pada masa ini generasi muda memiliki masa yang paling menentukan kepribadiannya di bidang emosional, moral, spiritual, dan fisik. Masa-masa ini dipenuhi dengan perkembangan dan perubahan, masa guncang, dan penuh dengan pemberontakan.

Tak heran jika anak muda sekarang banyak sekali yang menciptakan sebuah inovasi-inovasi baru yang kreatif demi mengembangkan potensi kreativitas yang dimilikinya. Sebenarnya arti kreativitas itu sendiri merupakan proses merasakan dan mengamati ada masalah, membuat dugaan tentang kekurangan yang ada, menilai dan menguji dugaan atau hipotesis kemudian mengubahnya dan mengujinya sampai menjadi hal yang diinginkan.

Tak heran jika kita sering melihat sesuatu yang kreatif, mempunyai nilai tersendiri, dan sangatlah unik. Ada pula pengertian lain mengenai kreativitas, yakni daya dan atau kemampuan manusia untuk menciptakan sesuatu. Dalam bidang seni, intuisi dan inspirasi sangat berperan besar dan menuntut spontanitaslebihtinggi. Dibidangilmupengetahuan, kemampuan mengamati, membandingkan, menganalisis, dan menyimpulkan lebih menentukan.

Keduanya menuntut pemusatan perhatian, kemampuan, kerjakeras, danketekunan; kedua- duanya bertolak dari intelektualisme dan emosi, serta merupakan cara pengenalan realitas alam dan kehidupan yang sama. Banyak sekaliide- idegilayangdiciptkan oleh generasi muda di Indonesia yang berkaitan dengan seni dan pengetahuan.

Peran kreativitas para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus ditingkatkan karena mereka salah satu kekuatan yang dapat mengoptimalkan seluruh potensi bangsa Indonesia. Kini perkembangan kreativitas sudah banyak terlihat dan menjadi sebuah bisnis yang serius ditekuni oleh generasi muda. Tak banyak yang mengetahui bahwa kreativitas yang ada di Indonesia sekarang merupakan sebuah hasil dari anak-anak bangsa.

Salah satu hasil kreativitas anak bangsa yaitu startup, salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Berkembangnya teknologi digital yang ada sejalan dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan gadget ponsel membuat bisnis ini cukup menjanjikan seperti perusahaan startup digital bermunculan belakangan ini. Bisnis startup yang ada diikuti dengan perkembangan kreativitas anak muda dan kemunculan teknologi digital yang lebih maju.

Tak heran jika bisnis tersebut banyak yang digiati oleh anak muda yang kreatif serta inovatif. Salah satu CEO Traveloka Ferry Unardi merupakan anak muda yang menggeluti bisnis startup. Ferry menggeluti bisnisnya pada umur 23 tahun. Bisnis yang dikembangkannya mampu membawa Traveloka memimpin salah satu industri travel online di Indonesia. Semoga tahun ini banyak generasi muda yang dapat mewujudkan impian melalui beragam kreativitasnya.

ANA TRIA PURNAMA

Mahasiswi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Jakarta