Edisi 03-06-2016
Bekasi Fajar Industrial Bagi Dividen Rp11,87 M


BEKASI – PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk (BEST) akan membagikan dividen sebesar Rp11,87 miliar kepada pemegang saham. Rencana pembagian dividen tersebut sudah disetujui pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Adapun, rasio dividen yang akan dibagikan itu sekitar 5,6% dari hasil bersih perseroan pada 2015 yang sebesar Rp212 miliar. ”Dividen tunai sebesar Rp1,23 per saham akan dibayarkan segera sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ujar Investor Relation BEST Asa Siahaan seusai RUPS di Bekasi, Jawa Barat, kemarin. Selain dividen, sekitar Rp1 miliar dari laba bersih perusahaan akan dialokasikan untuk dana cadangan.

Kemudian, sisanya akan dibukukan sebagai laba ditahan. ”Laba ditahan untuk mendukung ekspansi bisnis perusahaan ke depannya,” tegas Asa. Pada tahun 2015 BEST berhasil mencatatkan prapenjualan lahan di industri sebesar 18,1 hektare (ha) dari target 15-20 ha. Pada 2016 perseroan menargetkan prapenjualan lahan industri sebesar 25-30 ha.

Demi mencapai target tersebut, Asa mengungkapkan bahwa tahun ini BEST mengalokasikan dana belanja modal atau capex sebesar Rp700 miliar. Capex tersebut akan dialokasikan untuk modal kerja, pembangunan hotel dan infrastruktur. ”Dananya sebagian dari pinjaman perbankan,” katanya.

Menurut Direktur Utama BEST Yoshihiro Kobi, perlambatan ekonomi yang terjadi tahun lalu masih berimbas sampai dengan awal tahun ini. Hal ini memengaruhi penjualan properti termasuk di kawasan industri.

rakhmat baihaqi