Edisi 12-01-2017
Berubah Lebih Baik


Mercedes-Benz memutuskan segera melakukan penyegaran pada crossover mereka, Mercedes- Benz GLA. Apa alasan mendesak yang memaksa Mercedes-Benz melakukan hal tersebut?

Mercedes-Benz meluncurkan Mercedes-Benz GLA pada pertengahan 2014. Kini pada awal tahun 2017 Mercedes-Benz langsung melakukan penyegaran buat crossover tersebut. Waktu yang tak genap tiga tahun memang tergolong cepat untuk sebuah penyegaran. Hanya saja sepertinya Mercedes-Benz sudah mendengar nadanada sumbang yang dialamatkan ke Mercedes-Benz GLA.

Banyak yang berpikir mobil ini masih terlihat mirip sebuah hatchback ketimbang crossover yang ada di segmen SUV. Dari situ, Mercedes-Benz langsung berbenah. Mereka langsung memberikan beberapa penyegaran agar semua orang tidak lagi berpikir mobil ini adalah hatchback . Cara yang paling mudah dilakukan oleh Mercedes-Benz ke mobil ini adalah menguatkan aura SUV.

Kini ban Mercedes-Benz GLA hadir dalam ukuran 19 inci sebagai standar. Desain velg -nya juga baru. Disepuh dengan perpaduan warna hitam dan perak bagian tapak mobil ini jadi terlihat sangat powerful . Tidak cukup di situ, Mercedes- Benz memberikan fitur suspensi otomatis sehingga jarak mobil dengan tanah bisa dinaikkan sebanyak 30 milimeter.

Fitur ini tentu semakin memudahkan Mercedes-Benz GLA berjalan di medan yang cukup berat. Guna menguatkan tampilan crossover , Mercedes-Benz merombak total bagian bumper depan dan belakang. Tiba-tiba saja lampu kabut di mobil ini dibuat terpisah dengan lampu utama. Kali ini lampu kabut berada di sisi kiri dan kanan bumper depan.

Nah yang menarik justru lampu utama Mercedes-Benz GLA baru kini menggunakan lampu LED. Bumper depan hadir dengan desain baru. Palang ganda dari krom ditinggalkan dan kini sudah bersepuh warna hitam lengkap dengan ornamen lubang-lubang di palang tersebut. Skid plate juga hadir dengan pola yang lebih sporty .

Warna hitam di bagian mobil ini membuat Mercedes-Benz GLA jadi lebih berkarakter. Nuansa yang sama juga terasa di bumper belakang. Diffuser di bagian ini didominasi oleh warna hitam dan perak. Sektor interior mendapatkan sentuhan baru yang minimalis. Desain dasbor masih terasa sama dengan model lama.

Perubahan yang paling menonjol hanyalah ukuran display yang ada di center fascia yang kini lebih besar menjadi 8 inci. Semula layar ini hanya berukuran 5,8 inci. Perubahan tersebut memang terkesan tidak dominan. Untungnya, Mercedes- Benz memberikan beberapa fitur yang dulunya tidak ada, kini ditambahkan seperti kamera mundur, kamera 360 derajat, dan pembuka bagasi dengan gerakan kaki.

Ada juga fitur keamanan baru, yakni auto brake assist yang bisa membantu pengemudi melakukan pengereman mendadak. Untuk dapur pacu, Mercedes-Benz GLA tetap menggunakan mesin yang sama, yakni mesin 1.595 cc turbo 4- silinder. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 156 dk dan torsi puncak sebesar 250 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Transmisinya menggunakan 7G-dual clutch transmission .

wahyu sibarani