Edisi 04-11-2016
Aplikasi Motif Borobudur dan Kain Nias


BAGIsejumlah desainer Tanah Air, Indonesia dengan segala kekayaan budaya dan keindahan alamnya selalu mendatangkan inspirasi yang tiada habis untuk digali.

Seperti dirasakan kreator brand HAPPA dan Sejauh Mata Memandang. Dua brand lokal tersebut kali ini mengangkat inspirasi dari ukiran candi Borobudur dan keindahan tanah Nias. Sejauh Mata Memandang menampilkannya dengan cara pandang yang unik dan sentuhan warna monokrom. Koleksi kedua label ini diberi judul Gaia Hypothesia yang menggambarkan keunikan kain lokal yang dikemas dengan sentuhan yang lebih modern sehingga bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Karena keindahan alam inilah yang menginspirasi Sejauh Mata Memandang dan HAPPA saat “menyulap” kain daerah dengan motif dedaunan serta buahbuahan pada kisah Mahayana yang terukir di Candi Borobudur. Motif-motif itu dihadirkan melalui teknik batik cap dan bordiran yang menghiasi seluruh rangkaian koleksi. Masih dengan teknik layering, kain-kain selalu ada di setiap busana keluaran Sejauh Mata Memandang.

Label yang baru berusia dua tahun ini juga menampilkan busana bersiluet pakaian tradisional Indonesia, seperti baju bodo, kebaya, dan kemben Bali. Berbekal hasil karya terdahulunya, Sejauh Mata Memandang selalu mampu menghadirkan sentuhan etnik, tetapi tetap stylish , sehingga menghasilkan paduan busana serta gaun yang sangat apik untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan. Lain Sejauh Mata Memandang, lain pula dengan apa yang ditawarkan HAPPA yang merilis koleksi terbaru dengan tema Ono Niha .

Kali ini inspirasi tersebut datang dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Busana longgar bermotif etnik khas Nias dalam palet terang mendominasi koleksi ini. Tidak hanya itu, “rasa” Nias juga tercermin lewat material tenun Nias yang terbuat dari katun dan linen. HAPPA tidak hanya menawarkan koleksi untuk para wanita, ada pula koleksi pria yang dibuat dengan material kain Nias, tetapi memiliki detail anyaman pada kerah dan kantongnya. Bila tertarik memiliki koleksi terbaru dari dua label lokal tersebut, Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi situs resmi mereka.

Aprilia s andyna