Edisi 12-01-2017
Bank BPD DIY Komitmen pada Perempuan


YOGYAKARTA – Bank BPD DIY terus berusaha melakukan pem binaan kewirausahaan terhadap berbagai kalangan.

Sebagai lembaga perbankan, selain mempunyai visi memajukan per ekonomian daerah juga peduli pada masyarakat sekitar. “Kami juga berupaya menumbuhkan kemandirian di ma sya - rakat,” kata Direktur Utama Bank BPD DIY Bambang Se tia - wan dalam keterangan tertulisnya, kemarin. Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial, Bank BPD DIY selalu mewujudkan program-program corporate social responsibility (CSR) yang menyasar pada empat hal.

Empat hal tersebut di antaranya pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan dan ling - kung an hidup. “Salah satu program CSR yang telah direalisa - sikan Bank BPD DIY dalam hal pem berdayaan ekonomi ma - sya rakat yaitu penyaluran bantuan alat kerja dan keterampil - an kepada Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW),” ujar Bambang.

Penyerahan bantuan dila ku - kan secara simbolis oleh Bam - bang Setiawan kepada perwakilan alumni dari BPRSW DIY di Kantor BPRSW Sidoarum, Go - de an, Sleman, Selasa (10/01). Acara ini dihadiri Kepala Dinas Sosial DIY Untung Sukaryadi, Direktur Pemasaran Bank BPD DIY Bambang Kuncoro, serta Kepala BPRSW Sri Suprapti. Bambang menambahkan, pe nyaluran bantuan tersebut merupakan bagian dari program Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) CSR Bank BPD DIY yang bekerja sama dengan BPRSW.

Bantuan yang terdiri dari 12 paket perlengkapan ke - te rampilan menjahit, delapan paket perlengkapan keteram - pil an olahan pangan, dan sepuluh paket perlengkapan kete - ram pilan tata rias. “Bantuan tersebut dibe ri - kan kepada 30 orang wa ni ta alum ni warga binaan BPRSW yang telah memiliki sertifikat keterampilan di bidangnya masing-masing,” katanya. Selama ini, lanjutnya, BPRSW adalah Unit Pelaksanaan Tek nis Daerah (UPTD) Dinas Sosial DIY yang memberikan perlindungan, pelayanan, dan rehabilitasi sosial untuk membantu para wanita yang memiliki permasalahan sosial.

Dengan memberikan berbagai pelatih - an keterampilan BPRSW ber tu - juan dapat mengembangkan po tensi kewirausahaan warga binaannya. Oleh karena itu, BPD DIY terpanggil untuk turut andil dalam mewujudkan kemandirian tersebut. “Kami berharap de - ngan adanya program CSR te r - sebut, para alumni BPRSW mam pu membuka lapangan usa ha sendiri sehingga dapat me menuhi kebutuhan ekonomi secara mandiri. Bantuan alat perlengkapan kerja tersebut me rupakan barang dengan kua - litas yang bagus sehingga dapat digunakan untuk usaha dalam jangka waktu yang lama,” ung - kap Bambang.

Selain dalam pemberdayaan ekonomi, Bank BPD DIY juga mem punyai program CSR di bi - dang lingkungan hidup. Seperti penanggulangan dan mitigasi risiko bencana alam, penghijauan, serta konservasi hutan. Dalam waktu dekat Bank BPD DIY akan merealisasikan program CSR-nya untuk lingkung - an hidup dengan melakukan kon servasi hutan mangrove di pe sisir Baros, Bantul. Kepala Dinas Sosial DIY U n - tung Sukaryadi mengapresiasi Bank BPD DIY atas kepeduliannya terhadap warga binaan di BPRSW.

“Bantuan ini akan sa - ngat bermanfaat untuk mendu - kung proses kemandirian para alumni warga binaan BPRSW. Semoga nanti bisa mandiri le - bih cepat,” tandasnya.

Erfanto linangkung