• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Kampanyekan Tanaman Penyerap Polusi

Siapa bilang lidah mertua selalu tajam. Buktinya, lidah mertua yang satu ini bisa membuat sekelompok orang mengoleksi dan membuat komunitasnya.

Penampakannya memang tak seindah tanaman hias, tapi tanaman lidah mertua atau sansevieria adalah merupakan tanaman yang bermanfaat bagi lingkungan. Jenis tanaman berdaun panjang dan runcing ini mampu menyerap polusi udara dan tidak mengeluarkan karbondioksida (CO2), tapi menghasilkan oksigen (O2). Sansevieria mampu menyerap polutan menjadi asam organik dan beberapa asam amino.

Tanaman ini juga bisa ditanam di dalam ruangan, terlebih lagi di ruangan yang banyak asap rokok karena bisa menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan. Begitu banyak manfaatnya, tak heran, sansevieria punya banyak penggemar, yang akhirnya membentuk Komunitas Pencinta Sansevieria Indonesia (Kompensasi). ?Mulanya komunitas ini terbentuk dari beberapa teman yang semangat untuk membudidayakan lidah mertua.

Lalu, berkembang lewat media online, lama-kelamaan berkembang menjadi satu komunitas,? ungkap Wakil Ketua Kompensasi Lien Sulthan Said. Menyadari manfaat lidah mertua sebagai tanaman sehat, komunitas yang terbentuk pada Agustus 2008 ini tentu juga gemar mengampanyekan tanaman ini sebagai tanaman penyerap polusi. ?Kami pernah mengadakan kegiatan pameran, sekaligus membagikan 300 sansevieria kepada para penjual tanaman hias,? kata Lien.

Salah satu anggota Kompensasi, Fenni, 34, mengaku menyukai tanaman bermanfaat ini sejak di bangku kuliah. ?Awalnya melihat ibu saya yang gemar tanaman ini. Saya sendiri senang karena tanamannya baik untuk berbagai macam obat atau sekadar menikmati tanaman di halaman rumah,? kata Fenni yang kerap memberikan tanaman ini kepada teman-temannya secara gratis.

?Mereka suka manfaatnya,? tambahnya. Karena sansevieria juga bermanfaat untuk obat wasir dan menyuburkan rambut, Fenni pun pernah memberikan tanaman ini kepada temannya yang membutuhkannya. ?Lama-lama, dia malah beli tanaman ini kepada saya,? kata dia tersenyum.

Menurut Fenni, perawatan tanaman ini tidak begitu sulit karena bisa hidup dengan paparan sinar matahari ataupun di dalam ruangan. Namun, bila diletakkan di dalam ruangan, harus dijemur seminggu sekali agar tanaman ini tetap segar. ? aprilia s andyna

Popular content