• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    33 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Surabaya

    Diperkirakan Badai Petir
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    27 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Yogyakarta

    Diperkirakan Badai Petir
    30 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Surabaya

    Diperkirakan Badai Petir
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    32 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Padang

    Diperkirakan Badai Petir
    31 °C

TEST DRIVE CHEVROLET SPIN DIESEL 1.3 LT-Terpukau Spin Diesel

Chevrolet Spin bermesin diesel yang dijajal di berbagai medan di rute Yogyakarta-Solo, pada 18-19 Maret 2013 lalu.

Inilah small multi purpose vehicle pertama dari General Motors Indonesia (GMI). Apakah mobil ini memenuhi ekspektasi yang diharapkan semua orang? Saat pertama kali General Motors Indonesia (GMI) mengumumkan akan membawa varian diesel untuk keluarga baru mereka, Chevrolet Spin, banyak orang langsung terpukau.

Niat ini bakal jadi sejarah karena untuk pertama kalinya sebuah smallMPV dengan tenaga diesel masuk ke pasar Indonesia. Bagaimana tenaganya? Torsinya besar? Efisien dan irit atau tidak? Berisikkah mesinnya? Segudang pertanyaan itu mungkin muncul di benak banyak konsumen Indonesia. Untuk menjawab berbagai pertanyaan itu, SINDOpun diajak menguji langsung Chevrolet Spin berbahan bakar solar dengan rute Yogyakarta–Magelang–Borobudur–Ke tep Pass– Boyolali–Solo pada 18-19 Maret lalu.

Rute yang dilalui memang cukup ideal untuk mengetahui kemampuan mobil ini karena kondisi jalan yang harus ditempuh juga sangat beragam. Suasana lalu lintas di Kota Yogyakarta yang cukup padat sangat pas untuk merasakan efisiensi bahan bakar yang dimiliki mobil ini. Sementara, untuk menguji tenaga dan torsi yang tersimpan di mobil ini langsung dicoba ketika menempuh jalan menanjak menuju ketinggian 1.200 di atas permukaan laut Puncak Ketep.

Jalan yang ditempuh ke Ketep dipenuhi tanjakan panjang yang cukup curam. Cocok untuk menguji tenaga mesin Ecotec Chevrolet Spin. Chevrolet Spin diesel berdasarkan data yang diberikan oleh GMI terdiri atas tiga tipe, yakni 1.3 LS, 1.3 LT, dan 1.3 LTZ. Semuanya dilengkapi transmisi manual 5 percepatan. Bedanya hanya pada kelengkapan fitur.

Saat pertama kali mencoba mobil ini, saya sendiri langsung terkejut dengan suara mesin mobil. Dari dalam kabin mobil sama sekali tidak terdengar suara yang seperti kita dengar dari suara mobil-mobil mesin diesel. Soal pengendalian Chevrolet Spin 1.3 LTZ memang bak pinang dibelah dua dengan Chevrolet Spin versi bensin. Sebelum menguji mobil ini, saya memang terlebih dulu mencoba varian bensin.

Dan, selama membawa mobil ini, tidak ada yang banyak berbeda. Kekurangan dan kelebihan lahiriah mobil ini sama. Misalnya suspensi dan pengendalian mobil benar-benar di atas rata-rata lowMPV lainnya. Mobil ini tetap nyaman saat melewati jalan yang tidak mulus, tapi saat yang bersamaan juga memberikan handling menawan. Namun, kelemahannya juga sama, seperti masalah kursi baris kedua dan ketiga yang tidak cukup nyaman.

Juga masalah visibilitas buruk pilar A di kanan pengemudi . Kembali ke masalah awal. Bagaimana performa mobil yang memiliki turbo ini? Ketika melaju di gigi 2, dengan sengaja posisi gigi langsung ditaruh di posisi 4 dan menekan habis pedal gas hingga mentok (pedal to the floor). Hasilnya, butuh waktu beberapa detik bagi turbo di mobil ini untuk mencapai tenaga aslinya.

Dan, memang sesuai dengan data spesifikasi, torsi baru keluar pada putaran RPM 1.750-2.500. Bagi saya, desain interior dan eksterior mobil ini sudah sangat menyegarkan. Memang dari segi kepraktisan dan keluasan kabin tidak begitu maksimal. Namun, ditunjang listharga yang menarik dan ketersediaan varian diesel yang belum ada kompetitornya, Chevrolet Spin harus percaya diri menggoda pasar smallMPV. ● wahyu Sibarani            

Popular content