• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

1.579 Bakal Caleg PDIP Tunggu Sikap Mega

MEDAN– Dewan Pengurus Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Sumatera Utara telah selesai memproses penjaringan dan penyeleksian 1.579 bakal calon legislatif (caleg), baik untuk DPR, DPRD Sumut, dan DPRD kabupaten/ kota.

Kini semua namanama itu masih menunggu penetapan dari Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputeri. “Kemungkinan awal April nanti sudah diputuskan namanama yang akan menjadi calon legislatif, baikuntukDPR, DPRD Sumut, dan DPRD kabupaten/ kota,” ucap Sekretaris DPD PDIP Sumut Muhammad Affan saat dihubungi, Ahad (24/3).

Menurut Affan, meskipun sudah dilakukan mekanisme penjaringan, namun hasil akhir tetap berada di DPP PDIP. Untuk itu seluruh nama yang sudah masuk dan mengikuti proses penjaringan diserahkan ke pusat. “Pusat juga tahu dan menilai bakal calon yang mendaftar. Guna memastikan bahwa yang terpilih nanti sesuai ideologi dan garis partai,” katanya.

Langkah itu juga berupaya agar PDIP bisa mendapatkan kursi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 12 kursi. Karena itu, pemilihan para bakal calon diharapkan orang-orang yang tepat dan terbaik dalam setiap daerah pemilihannya. “Semua pengurus ikut pencalonan, hanya Ketua DPD Panda Nababan tidak. Namun, bisa saja partai menunjuknya untuk menjalankan tugas partai kembali,” ujarnya.

Sementara fungsionaris Departemen Kaderisasi DPD PDIP Sumut Rion Aritonang menambahkan, saat ini masih ada beberapa bakal caleg masih melengkapi berkas administrasi. “Misalnya, surat keterangan yang menyatakan dia anggota organisasi, baik organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, atau partai,” ucapnya.

Selain itu, bisa juga menyertakan segala yang telah dilakukannya untuk masyarakat. Sebab itu juga menjadi salah satu pertimbangan partai untuk menetapkan menjadi caleg. “Dari jumlah itu, ada sekitar 3% merupakanorang-orang partai lain yang memutuskan masuk ke partai kami. Kalau sebelumnya dari PDIP lalu pindah ke partai lain, dan ini masuk lagi ke partai kami maka keikutsertaannya ditolak,” ujarnya. suharmansyah

Popular content