• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Test Drive KIA SORENTO - Kenyamanan Ekstra

KIA Sorento menawarkan kenyamanan ekstra yang tidak dimiliki oleh SUV yang ada di kelas yang sama. Fitur dan dandanan yang elegan membuat mobil ini jadi lebih menarik.

Setelah berkali-kali melakukan test drivemobil, baru kali ini saya terkejut, yaitu saat melakukan pengujian mobil KIA Sorento. Total penumpang yang akan ikut di mobil yang saya kendarai berjumlah 5 orang. Empat media, termasuk saya dan satu orang lagi panitia acara dari PT KIA Mobil Indonesia. Ini tidak biasa. Sebab, paling maksimal hanya ada 4 orang yang ada di mobil. Lha,ini kok bisa ada 5 orang yang numpuk di satu mobil.

Lucunya lagi, PT KMI justru tidak menyarankan ketiga penumpang yang tersisa duduk di baris ketiga. Ketiga-tiganya harus duduk di baris kedua. Takut empet-empetan, saya pun langsung ngacirke kursi pengemudi. Keempat teman yang tersisa otomatis jadi penumpang setia. Sambil bernapas lega saya pun langsung duduk. Saya sedikit terkejut ketika pengaturan posisi duduk kursi mobil ini masih menggunakan cara manual.

Sungguh, melihat tampang mobil ini yang sangat Eropa dan modern, saya sempat menduga pengaturan kursi dilakukan dengan cara elektris. Tapi ya sudahlah, ini mungkin sudah jadi standar yang ada. Dari lingkar kemudi, saya memonitor banyak penggunaan fitur-fitur yang cukup modern untuk sebuah SUV asal Korea Selatan. Misalnya fitur cruise controlyang sangat berguna mencegah kaki pegal di jalan superlowong. Kemudian pengaturan audio dan multi information display (MID).

Semuanya terjejal di kemudi. Ketika mesin dinyalakan, suaranya terdengar halus. Ketika roda mulai berjalan, saya langsung tersenyum puas. Mobil ini enak sekali dikendarai. Jok pengemudi dengan sempurna membekap badan saya. Sementara, pengendalian mobil juga terasa nyaman dan mudah dikendalikan. Tenaga mesin pun sangat mudah tersalurkan. Sepanjang perjalanan dari kawasan Tebet, Jakarta Selatan, menuju waduk Jatiluhur, Jawa Barat, saya pun senyumsenyum sendirian.

Saya merasa kasihan dengan rekan-rekan saya yang ada di baris kedua. Karena bertiga, sudah terbayang sempitnya seperti apa. Tapi lho, saat saya mengintip mereka lewat kaca spion dalam, ketiganya justru terlihat asyik-masyuk dengan aktivitasnya masing-masing. Ada yang tidur, sementara yang lainnya sibuk memotret dan mengutakatik telepon pintar. ”Wah, ada yang salah nih,” pikir saya. Saya pun langsung bertanya. ”Emang enggak sempit di belakang,” tanya saya. ”Enggak, enak kok di sini,” ujar salah satu rekan.

Kok bisa ya, pikir saya dalam hati. Saya pernah mencoba dua SUV yang sekelas dengan Sorento. Setiap kali saya mencobanya, saya tidak pernah mau berada di baris kedua. Apalagi di baris ketiga. Pusing dan tidak nyaman. Untuk Sorento, saya penasaran. Begitu sampai di Waduk Jatiluhur, saya pun langsung berpindah ke baris kedua. Memang, saya benar-benar terkejut dengan kapasitas ruang di baris kedua. Badan saya yang cukup gemuk saja masih terasa nyaman saat duduk di kursi penumpang.

Kaki pun benar-benar terjuntai nyaman. Sama sekali tidak menekuk. Sepertinya kelapangan kabin memang jadi jualan utama dari mobil ini. Hal itu diakui oleh Arifani Perbawa, Production and Logistic General Manager PT KMI, yang menyatakan mobil ini lebih lebar. ”Legroom dan headroom untuk semua penumpang panjang dan luas, berbeda dengan kompetitor yang menggunakan sasis, kabin akan lebih pendek. Sorento dengan monokok punya ruang kepala yang masih lebih tinggi walaupun dimensinya lebih rendah. Keseluruhan, Sorento lebih lebar dan rendah sehingga bodyrollingnya pun lebih sedikit,” ujarnya.

Satu hal lagi yang menarik dari mobil ini adalah harganya. Dengan harga Rp385 juta, Anda mungkin akan banyak tersenyum jika melihat apa saja yang ditawarkan di mobil ini. Misalkan rear parking camera, DVD, headrest monitor, panoramicsunroof, cruise control, mobile internet,hingga cornering lamp.

Untuk sebuah SUV seperti ini, mungkin Anda harus membayar lebih dari harga tersebut. Inilah yang menurut saya jadi diferensiasi yang sangat pas bagi Sorento untuk bersaing di segmen bigSUV. wahyu sibarani

Popular content