• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Nyapres, Hatta Tunggu Izin Tuhan

BLITAR– Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa santer disebutsebut bakal mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2014. Namun hingga saat ini Hatta belum terang-terangan mengatakannya.

Menteri Koordinator Perekonomian yang juga besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut mengatakan masih menunggu izin dari Tuhan. “Semua akan berjalan mudah jika sudah dapat izin (Tuhan),” tuturnya di sela acara Pagelaran Anak Negeri (PAN) di pelataran Candi Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, kemarin.

Pagelaran Anak Negeri merupakan acara budaya yang menjadi fokus kegiatan partai amanat nasional. Sebelumnya acara yang melibatkan seluruh fungsionaris DPD I dan DPD II PAN juga digelar di Candi Borobudur dan Candi Prambanan Jawa Tengah. Dalam sambutanya Hatta mengatakan bahwa di Candi Penataran tercatat jejak sejarah Kerajaan Singasari, Kediri, dan Majapahit. Dia mengutip kitab Negarakertagama yang menyebutkan, sebagian abu Raden Wijaya pendiri Kerajaan Majapahit juga ditabur di Candi Penataran. “Di Blitar juga terdapat makam Proklamator bangsa Indonesia Bung Karno,” katanya.

Suasana di lokasi tak ubahnya kampanye pemilihan umum. Yel-yel “Hatta For Presiden” yang disuarakan simpatisan PAN terus berkumandang. Tidak hanya itu, di panggung yang mengambil posisi tepat pelataran candi Hindu terbesar di Jawa Timur tersebut juga terbentang baliho berukuran besar dengan tulisan senada, “Hatta Rajasa For Presiden 2014”. ”Yang penting kita menangkan dulu pemilu legislatif,” tegas Hatta. Untuk di dapil VI (Blitar, Kediri dan Tulungagung), Hatta menargetkan PAN bisa memiliki dua perwakilan masing-masing di DPR RI dan DPRD Jawa Timur.

“Kalau tahun 2009 lalu masing- masing satu. Tahun 2014 nanti targetnya dua. Karenanya kita berkumpul disini juga dalam rangka konsolidasi, temu kader untuk memunculkan budaya lokal dan kekuatan lokal, “pungkasnya. Sementara mantan Ketua PP Muhammadiyah Amien Rais yang mendampingi Hatta Rajasa berharap PAN bisa menjadi partai yang terdepan untuk menegakkan keadilan.

Untuk itu, menurut Amien diperlukan sosok yang juga layak memimpin Indonesia. “Dan sosok itu tidak yang lain kecuali Pak Hatta Rajasa,” ujar Amien. solichan arif

Popular content