• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Agenda Jalan Sehat KPU di Taput- Suguhkan Kuis yang Menyiratkan Nilai Pemilu

Pelaksanaan jalan sehat menuju Pemilu yang jujur dan adil digelar di seluruh kabupaten kota di Indonesia. Di Tapanuli Utara (Taput), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Taput selain menggelar jalan sehat dengan rute perkotaan Tarutung, juga menyuguhkan lucky draw memperebutkan sejumlah hadiah yang menyiratkan pesan-pesan kampanye sadar politik dan menggunakan hak politik untuk pembangunan bangsa.

Setelah melintasi Jalan Pardangguran, Sisingamangara dan DI Panjaitan, para peserta jalan santai kembali berkumpul di pelataran parkir KPU Taput. Dengan iringan lagu-lagu daerah sembari menikmati sarapan pagi, para peserta jalan sehat yang diikuti anggota parpol dan simpatisan parpol juga mengikuti lucky draw memperebutkan sejumlah hadiah. Setiap hadiah yang dibagikan pada peserta yang beruntung ternyata mampu memberikan pesan moral kepada para peserta. Pesan tersebut merupakan bagian dari sosialisasi untuk meningkatakan animo masyarakat dalam menggunakan hak suara pada Pemilu 2013.

“Selama ini minat publik menggunakan hak suara sangat rendah. Bahkan di Taput hanya mencapai 58% pada Pilgubsu lalu. Karena itu kita melakukan jalan santai yang berbeda dengan daerah lain, agar mampu menarik pehatian publik,” kata ketua KPU Taput, Lamtagon Manalu, di Tarutung, Minggu kemarin. Lamtagon mengatakan, setiap hadiah yang dibagikan ke masyarakat juga disertai pesan agar menggunakan hak suaranya sebaik mungkin. Contohnya paket buku tulis, agar masyarakat ikut mengawasi dan mencatat setiap hasil perolehan suara.

Jam sebanyak tujuh unit agar masyarakat mengetahui bahwa pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB. Payung sebagai simbol agar masyarakat ikut menjaga kotak suara dan hasil perolehan suara. “Kita memperebutkan 35 hadiah beragam, alasan kita membuat 35 karena jumlah kursi yang akan diperebutkan adalah 35. Dan hadiah utama adalah kursi. Sebab tiga unit kursi plastik karena nantinya ada tiga pimpinan di DPRD yang dipilihan dari partai yang memperoleh suara terbanyak,” katanya.

Lamtagon optimistis dengan pelaksanaan jalan sehat yang didukung sejumlah hiburan tersebut minat masyarakat menggunakan hak suara akan bertambah. Namun, tidak dapat diprediksi berapa penamabahan persentasi suara dari sejumlah kegiatan sosialisasi yang dilakukan KPU. “Karena memilih untuk tidak memilih pun merupakan bagian dari hak warga dan tidak ada sanksinya. Sehingga kita tidak bisa mempersoalkannya,” katanya.

Salah satu pengurus parpol yang mengikuti jalan sehat tersebut yakni Bisnur Tampubolon. Bisnur mengaku bahwa dia sangat tertarik dengan pelaksanaan jalan sehat sebagat sosialisi yang dilakukan KPU. Dalam setiap permainan yang dilakukan panitia juga menyiratkan peluang terjadinya kecurangan dalam Pemilu. “Contohnya ketika pengambilan kupon undian KPU juga memperagakan suara sah dalam Pemilu. Diserta parodi saksi yang membuat suasana mencair,” katanya.

Bisnur berharap KPU harus lebih maksimal lagi melakukan sosialisi yang demikian. Sehingga paradigma publik yang menyebabkan rendahnya animo untuk menggunakan hak suara dapat dirubah. “Sebenarnya bukan hanya KPU, kita dari funsionaris Parpol juga ikut melakukan hal ini,” katanya.

Popular content