• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

PEMILU Legislatif - PKS DKI Jakarta Siapkan Daftarkan Caleg

JAKARTA– Partai politik (Parpol) DKI Jakarta mulai bersiap untuk mendaftarkan calon legislatif (caleg) ke KPU DKI Jakarta. Saat ini baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah menyatakan kesiapan untuk pertarungan untuk merebut kursi legislatif 2014 tersebut.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Selamat Nurdin mengungkapkan, menghadapi Pemilu 2014 nanti kuota kursi DPRD DKI Jakarta sebanyak 106 kursi. Untuk memperebutkan kursi tersebut, PKS telah menyiapkan 101 caleg. Sebanyak 10% dari caleg itu anggota DPRD dari Fraksi PKS yang sudah menjabat saat ini. Sisanya kader dari internal PKS. ”Tidak semua anggota fraksi PKS DPRD DKI Jakarta saat ini ikut bertarung lagi 2014.

Sebagiannya ada mencalonkan ke tingkat lebih tinggi yakniDPRRI,” ujarSelamat Nurdin di Gedung DPRD DKI Jakarta kemarin. Dari daftar caleg itu, PKS juga menyiapkan kuota 30% untuk caleg perempuan. Latar belakang caleg umumnya telah disiapkan PKS. Artinya semua orang yang ingin berjuang dengan PKS harus mengikuti proses dari awal. Bukan menjelang pemilu saja. ”Jangan jadi kutu loncatlah,” ucapnya.

Dalam perjuangan itu, PKS pun tidak bergeming dengan prahara yang melanda PKS beberapa waktu lalu. Semua itu bisa dijawab dengan bentuk perjuangan kader di tengah masyarakat selama ini. ”Setiap partai itu sebetulnya memiliki masalah. Hanya, cara mengatasinya saja beragam. Kita tak cemas atas isu-isu tersebut,” tuturnya. Pada 2009 PKS memiliki 18 kursi DPRD DKI Jakar ta atau kedua terbanyak di bawah Partai Demokrat.

Pada 2014 PKS berusaha untuk menjadi parpol terbanyak yang mengantarkan calegnya duduk di legislatif Ibu Kota. Target itu bukan tidak beralasan. Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta ini mengaku yakin peluang untuk merebut itu sangat terbuka. Apalagi pada 2004 PKS pernah menjadi partai pemenang di DKI Jakarta. Ketua Tim Sukses PKS Tubagus Arief menambahkan, PKS telah memiliki banyak simpul pemenangan di setiap wilayah.

Mulai dari tingkat kelurahan hingga provinsi. ”S-emua simpul itu bekerja optimal dari sekarang, bahkan sebelum hajatan pemilu pun PKS pun terus beker ja ,” tandasnya. Sementara itu, Partai Golkar belum memastikan siapa kandidat caleg yang akan didaftarkan di KPU nanti. Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Priya Ramadani mengatakan, pihaknya masih melakukan penyempurnaan untukcaleg.

”Kitaakanada update dalam waktu dekat ini. Harap sabar,” katanya. Ketua KPU DKI Jakarta Dahliah Umar menyebutkan, pada Pemilu 2014 untuk DPRD memiliki 10 daerah pemilihan (dapil). Pendaftaran itu pada 9 April-25 Agustus 2013. Pelaksanaan kampanye akan dikoordinasikan dengan Pemrpov DKI Jakarta seperti mengenai penataan alat peragaagarJakartatidakmenjadi hutan alat peraga berupaya spanduk,

stiker, bendera, dan jenis lainnya. Penataan itu untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan publik dan lingkungan. ”Kalau sejarah pemilu legislatifkemarin(2009), Jakarta itu sudah menjadi hutan belantaranya alat peraga,” ungkapnya. ilham safutra

Popular content