• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

PKL Direlokasi ke Gedebage

BANDUNG – Pedagang kaki lima (PKL) di tujuh lokasi di Kota Bandung bersedia untuk direlokasi ke Pasar Cimol Gedebage.

Sikap itu dinyatakan perwakilan PKL dalam perteman dengan Satuan Gabungan Khusus (Satgasus) Penataan dan Pembinaan PKL Kota Bandung. Pertemuan itu juga dihadiri Gabungan Pengusaha Kecil dan Jasa (Gapensa), kemarin. Menurut Ketua Satgasus PKL Ayi Vivananda, para koordinator telah menyepakati kebijakan pemerintah untuk relokasi tempat dagang ke sektor formal dan lebih menjaga estetika kota.

“Pertemuan ini untuk tindaklanjuti hasil Rapat Rabu (10/4) kemarin, kesepakatannya kami akan relokasi PKL 7 titik ke Gedebage. Sementara PKL Jalan Merdeka dan Diskoperindag sepakat untuk pindah ke tempat parkir mal BIP dan Pantikarya, agar jalan sekitar Balai Kota rapi dan bersih,” kata Ayi usai pertemuan tersebut. Dia pun mengatakan, komunikasi antara manajemen BIP, Pantikarya, dan PKL akan difasilitasi oleh Pemkot. “Untuk digunakannya lahan parkir maka perlu koordinasi,” kata Ayi.

Sementara pemindahan ke Pasar Cimol Gedebage, kata Ayi, membutuhkan waktu cukup lama karena sarana infrastruktur bangunan belum mengantongi anggaran. Namun, lanjut Ayi, terdapat lahan 3 hektare dengan kapasitas1.500untukPKL. “SementaradiITC2, ada400lapak milik Gapensa yang belum diisi. Kami akan cek ada berapa dan sepertiapakelayakannya. Perludicek juga penghasilannya berapa,” ujar Ayi. Dia mengaku, PKL sejauh ini sangat kooperatif dan memegang komitmen, ketika dilibatkan untukmembentukkebijakan.

Ketua Umum Gapensa Aceng Eno Sumarno membenarkan terkait dukungannya untuk ikuti penataan yang dilakukan Satgasus PKL Kota Bandung. Pihaknya akan membuat surat pernyataan yang isinya menyatakan tidak akan kembali berjualan di tempat semula. “Jika sudah ditata nanti, saya akan membuat pernyataan sikap yang disetujui para pedagang. Isinya, kita tidak akan kembali lagi pada tempat semula kami berdagang,” ujar Aceng. Aceng mengatakan, pihaknya akan mengerahkan anggotanya untuk dilibatkan menjaga di kawasan 7 titik PKL agar tidak ditempati pedagang baru.

“Perwakilan dari 7 titik itu akan menugaskan anggotanya untuk berjaga. Jangan sampai kita pindah, tapi tempat kita ditempati pedagang baru,” tuturnya. Menurutdia, sejumlahlapakdi ITCyangkinikosongkarenaharga lapaknya mahal. “Dulu ini untuk relokasi PKL Tegallega, tetapi harganya 40 juta per kios. Jadi, hanya laku kepada karyawan yang di- PHK PT DI, itu pun tidak berlanjut sampaisekarang,” katanya.

Karena itu, dia menyambut kebijakan jika Satgasus akan merelokasi PKL ke ITC untuk digratiskan terlebih dahulu. Sebab, sebagaimana diberitakan sebelumnya, PKL yang boleh menempati ITC akan mendapat pembinaan dulu dari koperasi dan Diskoperindag sehingga dapat cuma-cuma membayar sewa di empat bulan pertama. Senada dengan Aceng, Koordinator PKL Kiaracondong Hendrik mengatakan, para PKL siap untukdirelokasi.

“Saatini, ada300 PKL di Kircon, namun yang teralokasi ke pasar hanya 150. Jadi, yang 150 lainnya daripada ke trotoar lebihbaikdiGedebage,” katanya. gita pratiwi

Popular content