• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Pilkada Luwu - Hanura Resmi Usung Basmin

BELOPA – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Luwu yang memiliki tiga kursi di DPRD resmi menetapkan Basmin Mattayang sebagai calon bupati di Pilkada Luwu 18 September 2013 mendatang.

Ketua DPC Hanura Luwu Suherman Pamminery mengaku, partainya sudah resmi mengusung mantan Bupati Luwu tersebut setelah terbitnya surat keputusan (SK) penetapan calon bupati dari DPP Partai Hanura. “SK pencalonan dari DPP sudah ada di DPC, tinggal menunggu waktu yang tepat menyerahkannya kepada Pak Basmin,” ujar Suherman kepada KORAN SINDO kemarin.

Suherman mengaku, partai masih membutuhkan koalisi dengan partai politik lain, atau minimal butuh tambahan tiga kursi untuk bisa mengusung satu pasangan calon. Namunia optimistis Basmin akan membawa partai politik lainnya untuk berkoalisi bersama Hanura. Saat ditanya siapa calon wakil bupati, Suherman mengatakan bahwa DPP belum merekomendasikan calon pendamping Basmin.

Malah DPP menginstruksikan DPC untuk mencari figur yang dinilai tepat dan memiliki kans menang. “Instruksi DPP ini akan dikoordinasikan dengan Pak Basmin sebagai user-nya, agar tidak salah memilih calon wakil bupati. Hanura juga akan membicarakannya dengan partai koalisi nantinya,” kata dia.

Meski demikian, Suherman menyebut Ketua DPC Partai Demokrat Luwu Syukur Bijak sebagai salah satu figur yang sangat dipertimbangkan untuk mendampingi Basmin. Selain alasan koalisi Partai Hanura dan Partai Demokrat telah memenuhi syarat pencalonan, Syukur yang juga Wakil Bupati Luwu merupakan kader Demokrat yang memiliki basis massa kuat di wilayah Walenrang dan Lamasi (Walmas).

“Pak Syukur sebenarnya sangat tepat mendampingi Pak Basmin. Tetapi jadi tidaknya Basmin berpasangan dengan Syukur Bijak, sepenuhnya ditentukan kedua belah pihak. Intinya, Partai Hanura siap berkoalisi dengan Demokrat jika memang paket Basmin-Syukur bisa terwujud,” imbuhnya.

Sementara itu, Basmin masih berharap diusung Partai Golkar Luwu. Apalagi saat ini Golkar menjaring dua figur bakal calon bupati, yakni dirinya dan Ketua DPD II Golkar Luwu, Andi Mudzakar. ● chaerul baderu

Popular content