• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Lagi, Penetapan Honerer K2 Diprotes - Penuhi Kualifikasi Masa Kerja, Banyak Pegawai Tak Lolos

MOJOKERTO– Penetapan honorer kategori 2 (K2) di lingkungan Pemkab Mojokerto kembali diprotes. Selain adanya SK palsu, banyak honorer yang masuk kualifikasi namun mereka justru tak masuk dalam database.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Mojokerto sendiri menyaratkan honorer yang masuk dalam K2 adalah mereka yang memiliki masa kerja minimal mulai bulan Desember 2004. Nyatanya, banyak honorer yang memenuhi syarat tersebut tak lolos verifikasi. Ar, salahsatuguru diKecamatan Ngoro mengungkapkan, ia diangkat menjadi honorer sejak bulan Juni tahun 2004 lalu.

Saat pendaftaran honorer K2 tahun lalu, ia sudah menyerahkan sejumlah berkas untuk pendaftaran honorer yang secara otomatis akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) itu. Namun ia kaget setelah ada pengumuman dari BKPP dan namanya tak masuk dalam K2. Padahal kata Ar, ia sudah memenuhi kualifikasi. ”Katanya K2 adalah honorer yang sudah mengantongi SK sejak Desember 2004. Kenapa saya tak lolos.

Saya sendiri hingga saat ini tak mengetahui penyebab tidak lolosnya itu,” kata Ar kepada KORAN SINDO JATIM. Nuansa ketidakberesan dalam pendaftaran K2 itu semakin kental saat ia mengetahui ada banyak honorer angkatannya yang lolos dalam verifikasi. Bahkan kata dia, jika menghitung masa kerja, ia lebih lama dari pada honorer yang lolos K2 tersebut. ”Jam mengajar juga sama.

Jadi apa penyebabnya, saya sendiri tidak tahu,” tambahnya. Nasib Ar itu juga dialami banyak honor lainnya. Menurut Ar, untuk honorer angkatannya yang ia kenal saja, sedikitnya ada 4 honorer yang memiliki masa kerja sama namun tak lolos dalam verifikasi. ”Kita menerima saja jika tak lolos. Tapi harus ada kepastian apa penyebabnya,” tukasnya. Apalagi lanjut Ar, belakangan muncul kabar banyak honorer yang menggunakan SK palsu namun justru masuk dalam K2.

Kontan, kondisi ini membuat honoreryanglayaklolosverifikasi lainnya protes. ”Bagaimana tidak protes, ini tidak adil dan transparan. Serba tidak jelas dan tak ada kepastian,” tandasnya. Meski protes, namun Ar dan beberapa temannya mengaku tak bisa berbuat banyak. Karena sejauh ini, mereka tak mengetahui mekanisme pengaduan dan soal kemungkinan apakah mereka bisa memperjuangkan masalah ini.

”Kita hanya minta agar proses ini berjalan adil. Berikan hak kepada yang berhak, dan luruskan bagi mereka yang menyalahi aturan,” pungkasnya. Sayangnya, Kepala BKPP Kabupaten Mojokerto Mustain tak bisa dikonfirmasi masalah ini. Beberapa kali Koran SINDO menghubungi melalui telepon selulernya, namun tak dijawab. Namun sebelumnya Mustain memastikan, masa sanggahan honorer K2 itu hanya berlaku bagi mereka yang masuk dalam daftar K2.

Dengan begitu, bagi honorer yang tak masuk dalam K2 tak bisa dilakukan verifikasi ulang dan namanya bisa masuk dalam daftar K2. Sanggahan hanya berlaku bagi honorer yang masuk dalam K2 namun dianggap tak memenuhi syarat. ”Jadi, daftar K2 yang ditetapkan dari pusat itu tak bisa bertambah. Justru bisa berkurang jika ada nama yang gugur,” kata Mustain.

Diketahui, BKPP sendiri mengumumkan sedikitnya 401 nama honorer K2 yang tak lama lagi akan diangkat menjadi CPNS. Namun muncul protes karena banyak honorer kategori ini yang menggunakan SK palsu. Salah satu honorer bahkan sudah mengakui memanipulasi masa kerja dalam SK nya dan gugur dalam verifikasi lalu.

BKPP juga menengarai ada banyak honorer yang menggunakan SK palsu. Lantaran itu, BKPP melakukan klarifikasi ulang kepada semua honorer K2 sebelum nama-nama itu dikirim ke pusat untuk diajukan menjadi CPNS. BKPP meminta agar para honorer mengakui keabsahan SK sebelum masalah ini masuk ke ranah hukum pidana. tritus julan

Popular content