• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Undip Konsentrasi Prodi Pertanian

SEMARANG– Universitas Diponegoro (Undip) mulai meningkatkan konsentrasi pada program studi ilmu pertanian. Ini seiring dengan tingginya kebutuhan tenaga ahli pertanian dalam mengelola lahan-lahan pertanian.

Terlebih lagi, belakangan ini sumber daya manusia (SDM) pertanian semakin menipis dan banyak perguruan tinggi yang belum menyediakan program studi (prodi) pertanian. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip Priyo Bintoro kemarin. Upaya meningkatkan konsentrasi Undip pada prodi pertanian itu ditunjukkan dengan pembukaan program S-1 Agribisnis, S-1 Agro Teknologi, dan S-1 Ilmu Teknologi Pangan Undip.

“Jika melihat pedoman sejarah Undip tahun 1988-an memang sudah ada wacana pembukaan jurusan pertanian, yang selanjutnya menjadi dasar untuk pencanangan pembentukan program studi baru yang meliputi S-1 Agribisnis, S- 1 Agro Teknologi, dan S-1 Ilmu Teknologi Pangan, tetapi dengan konsekuensi perubahan nama fakultas,” papar Priyo. Karena itu, Undip melakukan perubahan nama untuk Fakultas Peternakan menjadi Fakultas Peternakan dan Pertanian.

“Pada tanggal 23 Februari 2011, Fakultas Peternakan mendapatkan mandat dari senat Fakultas Peternakan untuk membuka program studi baru non-peternakan dengan konsekuensi perubahan nama fakultas,” katanya. Perubahan nama Fakultas Peternakan menjadi Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip ini merupakan respons pasar yang tinggi di sektor pertanian.

Selain itu, dengan mengembangkan ke ranah pertanian, tentu memiliki nilai lebih dalam pengembangan ilmu dan kompetensi lulusan. Pembantu Dekan III Bambang Sulistiyanto menerangkan, perubahan nama Fakultas Peternakan menjadi Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip ini juga tidak lepas dari dukungan rektorat.

Yang pasti, lulusan FPP Undip memiliki prospek pekerjaan yang sangat bagus. Bahkan, para lulusan sebelumnya telah membuktikan bahwa alumni memiliki kesempatan bekerja, baik di perusahaan- perusahaan besar dalam negeri maupun luar negeri. alkomari

Popular content