• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    33 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Surabaya

    Diperkirakan Badai Petir
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    27 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Yogyakarta

    Diperkirakan Badai Petir
    30 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Surabaya

    Diperkirakan Badai Petir
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    32 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Padang

    Diperkirakan Badai Petir
    31 °C

Fasilitator PNPM TakDigaji Dua Bulan

SURABAYA – Para fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Jawa Timur (Jatim) harus rela gigit jari.

Pasalnya, sejak Maret hingga April 2013, gaji mereka tak kunjung dicairkan oleh pemerintah. Salah seorang fasilitator PNPM Mursid menuturkan, belum cairnya gaji tersebut membuat fasilitator PNPM kebingungan karena gaji tersebut digunakan untuk keperluan keluarga di rumah. “Kami juga bingung kalau gaji tak dibayar. Selama dua bulan ini kebutuhan keluarga harus ngutang ke orang lain,” ujar lelaki yang kebagian tugas di Madura itu, kemarin. Dia menambahkan, gaji yang diterima selama ini memang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Gajinya sebulan mencapai Rp4 juta, dan itu masih ditambah lagi dengan fasilitas uang transportasi Rp1,2 juta per bulan. Besaran gaji fasilitator PNPM sendiri beragam dan tergantung posisinya. “Macetnya pencairan gaji ini tidak hanya saya yang mengalami, namun juga semua fasilitator di Jatim. Jika ditotal, tidak cairnya gaji selama dua bulan ini mencapai Rp10 miliar,” ungkapnya. Sebenarnya, fasilitator atau petugas PNPM sendiri sudah mendatangiKantorBadanPemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Jatim beberapa waktu lalu. Intinya mempertanyakan soal keterlambatan gaji mereka yang tak kunjung dibayar.

Namun, dari Bapemas sendiri menyatakan keterlambatan pencairan itu karena dari pemerintah pusat belum turun. Selain itu, kas yang ada di Bapemas juga belum ada uang sama sekali sehingga untuk membayar gaji fasilitator PNPM tak mencukupi. Kalau dipaksakan memakai uang APBD, tentunya bisa disalahkan di kemudian hari. Kepala Bapemas Jatim Zarkasi ketika dikonfirmasi membenarkan jika gaji fasilitator PNPM terlambat cair. Pihaknya juga tak bisa berbuat banyak dengan keterlambatan pencairan gaji fasilitator PNPM yang ada di Jatim.

“Keterlambatan pencairan anggaran untuk gaji mereka ini karena memang dari pusat. Kami sebatas satuan kerja (satker) dalam program PNPM,” jelasnya. Dia pun meminta fasilitator PNPM agar bersabar, tak mungkin pemerintah tidak membayar gajinya. “Ini kan hanya terlambat membayarnya dari pusat. Makanya kami mengimbau pada mereka untuk bersabar dan berhemat.

Semoga tak lama lagi gaji ini akan cair,” katanya. Disinggung soal penyebab keterlambatan pencairan gaji mereka, Zarkasi mengatakan bahwa ini terjadi karena adanya perubahan mitra kerja PNPM. ●aan haryono

Popular content