• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

JALUR GANDA CIREBON-BREBES-PT KAI Optimistis Selesai Juli

CIREBON – PT Kereta Api Indonesia (KAI) optimistis jalur ganda Cirebon–Brebes sepanjang 62 kilometer (km) dapat selesai pada Juli mendatang.

Meskipun, saat ini masih terdapat kendala dalam proses pembebasan lahan seluas 400 meter persegi (m2) di Desa Lorasi Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. Petugas Satuan Kerja Peningkatan Jalan KA Lintas Utara Jawa Firmansyah menyebutkan, saat ini pengerjaan jalur ganda (double track) sudah mencapai 88%. Pengerjaan ini diharapkan bisa selesai pada Juli nanti agar kereta api untuk angkutan Lebaran bisa digunakan. Terkait persoalan pembebasan lahan yang terken-dala dan masih dalam proses, pihaknya masih melakukan pembicaraan terhadap 22 pemilik tanah.

”Warga Losari minta harga pengganti tanah di atas harga pasar. Kami sedang persiapkan untuk konsinyasi,” beber dia kemarin di sela-sela peninjauan pekerjaan double track dan lintasan untuk Lebaran. Dia menyebutkan, proyek double trackCirebon–Brebes sepanjang 61 km itu menghabiskan biaya sebesar Rp1 triliun dalam jangka waktu pengerjaan dua tahun anggaran yang dialokasikan dari APBN. Sementara itu, Vice President DaerahOperasi(Daop) 3Cirebon Wawan Ariyanto menjelaskan, double track Cirebon–Prujakan– Brebes sepanjang 62 km ditarget dapat digunakan awal Juli mendatang. Dengan begitu, double track sudah dapat dioperasikan untuk angkutan Lebaran.

Pemerintah menyediakan anggaranRp9,7triliununtukproyek double track. Pengerjaan proyek dibagi rute Cirebon–Brebes, Pekalongan–Semarang, Semarang– Bojonegoro, dan Bojonegoro– Surabaya. Double track sepanjang 727 km ini diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh Jakarta–Surabaya. ● erika lia

Popular content