• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Standar Nilai Sekolah Unggulan 7,5

MAKASSAR – Dinas Pendidikan Kota Makassar menetapkan persyaratan standar nilai ujian akhir sekolah (UAS) 7,5 untuk pendaftaran calon siswa baru pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) unggulan.

Sementara sekolah unggulan dan SBN tingkat SMA terdiri terdiri atas tiga sekolah yakni, SMA 2, SMA 3, dan SMA 5. Sedangkan untuk kategori SMP ada delapan sekolah yakni, SMP 36, SMP 35, SMP 25, SMP 8, SMP 18, SMP 13, dan SMP 33. Sedangkan, untuk eks rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), Dinas Pendidikan mematok standar nilai 7,5 ke atas. Penyelenggara RSBI diberi kewenangan untuk memasang standar sendiri dengan standar maksimal rata-rata 8. Di Makassar terdapat lima eks RSBIyakni, SMA17, SMA15, SMA 1, SMP 6, dan SMP 12.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin mengungkapkan, kendati belum ada jadwal resmi penerimaan siswa baru (PSB), tetapi untuk RSBI dan sekolah unggulan dilaksanakan secara bersamaan. Jadwal seleksi antara sekolah unggulan dan reguler hanya beda atau dua hari saja. “Jika tahun lalu, PSB dilakukan tiga tahapan yakni pertama RSB baru sekolah unggulan, setelah itu sekolah reguler. Namun initinggalduatahapansaja yakni sekolah unggulan dengan sekolah reguler. PSB eks RSBI disatu paketkan dengan sekolah unggulan,” katanya kepada KORAN SINDO, kemarin.

Muhyiddin mengemukakan, jadwal PSB dilaksanakan paling lambat pekan pertama Juli 2013 setelah pengumuman hasil UN 2013. Sementara untuk penerimaan rapor 29 Juni. “PSB kita laksanakan minggu terakhir Juni atau paling lambat minggu pertama Juli. Kita rencanakan sudah selesai masa orientasi siswa baru sebelum masuk bulan puasa 8 atau 9 Juli,” jelasnya. Sedangkan, kuota siswa yang akan diterima di sekolah unggulan relatif sama dengan kuota tahun kemarin.

Saat ini Dinas Pendidikan Makassar masih menunggu usulan kuota dari setiap sekolah unggulan serta standar nilai masuk eks RSBI. Sedangkan untuk masuk sekolah dasar (SD) sederajat hanya memprioritaskan anak usia 7 tahun ke atas. Meski demikian anak 7 tahun kebawah tetap diterima jika kuota masih mencukupi. Muhyiddin menambahkan, rata-rata setiap tahun sebanyak 20% peserta PSB SMA dan SMP di Makassar berasal dari luar kota seperti Kabupaten Gowa dan Maros.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Mahmud BM mengemukakan, meski RSBI telah dihapus, pihaknya tetap meminta agar kualitasnya dipertahankan. Demikian juga dengan sistem pendidikan yang selama ini diterapkan di RSBI tetap dipertahankan. “Jangan karena tidak lagi menyandang RSBI baru kualitasnya menurun. Kita meminta agar system yang selama ini sudah jalan disana tetap dipertahankan,” ucapnya. ●supyan umar

Popular content