• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Fonaha Zega Divonis 26 Bulan Penjara

MEDAN –Pejabat Bupati Nias Utara 2010 Fonaha Zega divonis 26 bulan (dua tahun, dua bulan) penjara dalam sidang di Pengadilan Tipikor Medan, Senin (20/5).

Selain Fonaha Zega, dua pejabat Nias Utara lainnya, yaitu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ka - bupaten Nias Utara 2010 Ya so ni Nazara divonis 26 bulan pen jara; dan mantan Bendahara Pe nge - luaran Dinas Pendidikan, Pe - muda, dan Olahraga Onec hi mus Zega divonis tiga tahun pen jara.

Ketiganya juga di ja tuhkan denda masing-masing Rp50 juta sub - sider dua bulan ku rung an. Merekadinyatakansecara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi senilai Rp700 juta dari total anggaran Rp6 miliar untuk pengadaan alatalat perkantoran di Dinas Pen - didikan, Pemuda, dan Ola h raga Pemerintah Kabupaten Nias Utara Tahun Anggaran 2010. Sementara untuk uang peng - ganti (UP), kerugian negara total senilai Rp413 juta lebih, di ke - nakan berbeda sesuai yang di te - rima ketiganya. Fonaha Zega dikenakan UP Rp64 juta, Yasoni Nazara Rapea Rp116 juta, dan Onechimus Zega Rp233 juta.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Firman Halawa seusai si dang mengatakan, dalam tun tut an kerugian negara yang tim bul atas perbuatan terdakwa se ni lai Rp700 juta lebih sesuai hasil audit BPKP. JPU mengatakan, vonis hakim hampir sama de - ngan tuntutan sebelumnya, yai - tu 2,5 tahun penjara untuk Fo - naha dan Yasoni. Adapun Onec - hi mus selama tiga tahun pen jara. “Hal yang meringankan, ke ti - ganya belum pernah dihukum, memiliki tanggungan keluarga, dan sopan dalam persidangan,” ujar Jonner Manik Ketua Ma - jelis Hakim.

Sidang Korupsi PPh Langkat

Sementara itu, dalam sidang lanjutan perkara korupsi dan penggelapan dana tarif PPh se - nilai Rp1,19 miliar di Kabupaten Langkat, nama mantan Bupati Kabupaten Langkat Syamsul Arifin ikut disebut-sebut. Pada sidang yang digelar di Peng adilanTipikorMedan, Se nin (20/5), Sekretaris Daerah (Sek - da) Pemkab Langkat Surya Dja hi - sa, 56, yang duduk di kursi pe sa - kitan, mengaku disuruh Syamsul Arifin.

Surya dalam eksepsinya pada sidang yang diketuai Majelis Hakim Nelson Japasar Marbun bahkan merasa dirinya dikr imina lisasi dalam kasus ini. “Saya tidak korupsi karena saat itu saya disuruh Bupati. Ya Bupati sebelum yang sekarang ini (Syamsul Arifin),” kata Surya Djahisa kepada wartawan seusai menyampaikan eksepsinya. pangabean hasibuan, haris dasril

Popular content