• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Pendaftar SMBPTN Masih Minim

MEDAN– Sepekan sejak pendaftaran Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) untuk Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) dibuka, pendaftar baru mencapai 2.421 orang.

Berdasarkan data yang diperoleh hingga Senin (20/5), pukul 15.00 WIB, pendaftar di USU tercatat sebanyak 1.525 orang masing-masing untuk Saintek 654 pendaftar, Soshum 510, dan campuran 361 pendaftar. Sementara untuk Unimed baru mencapai 896 orang, terdiri dari Saintek 189, Soshum 484, dan campuran 223 orang. Jumlah ini terbilang minim karena hanya mencakup 4% dari total pendaftar tahun lalu di dua kampus tersebut sebanyak 54.511 orang.

Tahun 2012, pendaftar di USU sebanyak 35.467 orang dan Unimed 19.044 orang. Humas USU Bisru Hafi menyatakan, masih rendahnya jumlah pendaftar dikarenakan siswa masih berharap lulus melalui jalur undangan. Hal ini mengingat kuota yang tersedia melalui program tersebut lebih besar dari tahun sebelumnya. “Selain itu, di jalur undangan tidak ada seleksi ujian tulis. Yang lulus langsung mendaftar ulang dan ikut pembekalan di kampus,” ucap Bisru di Medan, Senin (20/5).

Penyebab lainnya, jadwal penutupan SMBPTN masih relatif lama, yakni 7 Juni 2013 atau sepekan setelah pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) SMA. Karenaitu, waktuyangtersisa masih cukup untuk melakukan pendaftaran. “Kami memprediksi tren pendaftarnya akan naik setelah pengumuman kelulusan, seperti tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya. Saat ditanyakan apakah ada kemungkinan jumlah pendaftar akan menurun tahun ini, Bisru menilai hal itu bisa saja terjadi. Namun, tren yang terjadi tiga tahun belakangan meningkat. Tahun lalu saja jumlah pendaftar 35.467 orang.

“Sekarang masyarakat banyak yang mengerti pentingnya bagi anak-anaknya melanjutkan pendidikan dari SMA ke perguruan tinggi. Karena itu, kami yakin jumlah pendaftarnya akan stabil,” katanya. Sementara Humas Unimed Tapil Rambe menuturkan, masih sedikitnya pendaftar SMBPTN karena siswa masih khawatir tidak lulus UN. Selain itu, siswa berharap namanya juga diumumkan sebagai salah satu siswa yang lulus program jalur undangan.

“Meskipun sudah tahu rata-rata nilainya masih kalah dengan yang lain, tetapi siswa belum merasa puas kalau belum membaca namanya di pengumuman itu,” paparnya. suharmansyah

Popular content