• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Pemilu Legislatif 2014, Jumlah TPS di Lahat Bertambah

LAHAT – Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Lahat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) yang digelar 9 April 2014 mendatang, dipastikan bertambah 58 lokasi, dibandingkan pada pelaksanaan Pilkada Lahat lalu.

“Jika jumlah TPS pada pilkada kemarin 777, maka pada pileg nanti ada sekitar 835 TPS,” ungkap Komisioner Divisi Teknis KPU Lahat Suhaidah Sofyan pada saat penyerahan daftar pemilih sementara (DPS) ke parpol di KPU kemarin. Penambahan TPS tersebut, kata Suhaidah, terjadi karena adanya pembatasan jumlah di setiap TPS, yakni maksimum 500 pemilih per TPS. “Jumlah pemilih per TPS untuk pileg itu dibatasi 500 orang, sedangkan pada pilkada sebelumnya, 600 orang per TPS,” kata dia.

Banyaknya jumlah TPS ini, kata dia lagi, bertujuan untuk mempermudah para pemilih dalam menyalurkan hak pilihnya. Sehingga, diharapkan tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak memilih karena lokasi TPS jauh dari pemukiman. Menurut dia, penempatan jumlah TPS itu nantinya berbeda- beda di setiap kecamatan. Hal itu tergantung jumlah penduduk pemilih.

“Semakin banyak jumlah pemilih, besar kemungkinan ada tambahan TPS,” katanya. Sementara itu, KPU Lahat pada batas akhir jadwal kemarin, telah menyerahkan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, kepada masingmasing parpol peserta Pemilu 2014. DPS tersebut diserahkan kepada utusan parpol berupa data lengkap DPS se-Kabupaten Lahat.

Setelah diserahkan kepada parpol, diharapkan dapat menjadi bahan koreksi peserta konstituen masing– masing parpol. Politisi Partai Demokrat Kabupaten Lahat Kiky Subagio mengatakan, pihaknya siap berkoordinasi dengan pimpinan partai beserta pengurus untuk menindaklanjuti hal tersebut. “Sehingga, DPS yang telah diserahkan, benar-benar masuk. Apabila belum, masih ada waktu untuk memantau dan memperbaiki,” katanya. andhiko tungga alam            

Popular content