• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Berlatih Memulai Usaha

ZAIMAH Mahasiswi Fakultas Ushuluddin, Pengusaha di Monash Institute IAIN WALISONGO SEMARANG

Indonesia merupakan negara berkembang. Sampai saat ini, Indonesia belum bisa dikatakan sebagai negara maju, sebab sumber daya manusia (SDM) yang belum berkualitas.

S e b e n a r ny a mengubah Indonesia menjadi negara maju bukanlah yang sulit. Jika ada keseriusan dan ketekunan yang dilakukan secara konsisten, mengubah Indonesia menjadi negara maju seperti m e m b a l i k k a n telapak tangan. Tiga hal yang menjadi barometer negara maju, yaitu dalam bidang politik, pendidikan, dan ekonomi. Pertama, dalam bidang politik. Bisa dikatakan negara maju apabila masyarakat Indonesia sudah sejahtera.

Namun melihat kondisi saat ini, banyak masyarakat miskin di negara Indonesia. Kedua, bisa dikatakan negara maju apabila masyarakat sudah mendapat pendidikan yang layak. Ketiga, di bidang ekonomi. Perekonomian negara maju terpusat pada pengusaha-pengusaha yang berhasil. Dan menjadi pengusaha yang baik, tidak akan terlepas dari pendidikan dan pemerintah yang baik pula.

Melihat SDM saat ini, banyak di antara mereka yang memilih untuk menjadi pekerja atau pegawai dibandingkan menjadi seorang pengusaha. Pasalnya, sebagian masyarakat beranggapan bahwa menjadi pengusaha harus mengeluarkan banyak uang dan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Sebenarnya menjadi seorang pengusaha bukan suatu hal sulit.

Tanpa uang pun bisa menjadi pengusaha. Dengan berbekal kreativitas dan inovasi, semua bisa mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan uang. Masyarakat Indonesia mempunyai bakat dalam berusaha.

Akan tetapi, bakat tersebut belum dikembangkan secara maksimal, karena terbatasnya sarana dan kurang adanya pelatihan khusus. Oleh karena itu, perlu adanya peran pemerintah untuk menyediakan sarana dan memberikan pelatihan khusus ‚óŹ

Popular content