• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Kontrak Politik Caleg Utamakan Dapil

PALEMBANG - Calon legislatif tidak hanya harus berkomitmen melaksanakan janji-janji politiknya terhadap konsituen, melainkan juga harus membangun dan mengutamakan kepentingan daerah pemilihannya (dapil) secara luas.

Sekretaris DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palembang Siti Suhaepa kemarin mengatakan, telah terjadi perubahan pemahaman dari para caleg, setelah duduk sebagai anggota DPRD. “Sejak awal para caleg berjanji pada konsituennya di dapil masing-masing akan membangun dan mengutamakan kepentingan warga dapilnya. Kenyataannya berbeda setelah jadi anggota DPRD,” ungkap anggota Komisi II DPRD Kota Palembang ini.

Menurut Siti, para caleg yang telah duduk di DPRD hanya memikirkan wilayah kantung suaranya saja dan tidak memikirkan daerah pemilihannya secara luas. Padahal, pemilih tidak terbatas pada kantong suara caleg tersebut, namun lebih luas di dapil. “Jadi, wajar saja kalau yang dibangun dan disuarakan itu dapil secara keseluruhan, bukan kawasan-kawasan yang menjadi wilayah pemilih caleg tersebut saja,” kata Siti.

Hal senada dikatakan Ketua DPC Partai Hanura Kota Palembang Djoni Sopianto. Menurut dia, dapil merupakan kawasan yang menjadi tempat calon legislatifmelaksanakan pemilihan dan mendulang suara pada pemilu. Mengenai janji dan komitmen, kata Djoni, Hanura sendiri telah memberikan pembekalan kepada caleg-calegnya agar lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan kewajibannya ketika sudah duduk di DPRD.

Demikian pula dengan kontrak politik bagi pembangunan kawasan dapil, tempat caleg tersebut berebut suara. Sudah seharusnya caleg tersebut turut memperhatikan kondisi dapilnya. muhammad uzair

Popular content