• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Kloter Pertama Calhaj Terbang 10 September

SEMARANG – Kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji asal Provinsi Jawa Tengah melalui Embarkasi Solo sudah ditetapkan pada 10 September 2013.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jateng Noor Badi mengemukakan, sebelum berangkat, kloter pertama akan masuk ke pemondokan haji di Solo pada 9 September. ”Jateng sebenarnya dapat jatah 64 kloter karena masih ada sisa sedikit akhirnya digenapkan jadi 65 kloter. Sisanya nanti diambilkan dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang memiliki sekitar 6 kloter,” kata Noor Badi kemarin.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan diundang mengikuti rapat di Kemenag pusat untuk membagi kloter di masing-masing kabupaten dan kota. Untuk itu, bagi calon haji yang akan berangkat tahun ini, Kepala Kemenag di kabupaten dan kota di Jateng diharap segera menyerahkan paspor kanwil. ”Nanti akan kami serahkan ke Kedutaan Besar, yang diteruskan ke Arab Saudi. Calon haji yang akan berangkat sudah ada latihan manasik haji,” ujarnya. Terkait dengan kuota jamaah haji, Jateng tetap ada potongan 20% dari kuota haji sebanyak 29.613 calon haji.

Dia memastikan jamaah haji usia di atas 75 tahun dan berkursi roda yang tidak terpotong tetap bisa berangkat, karena sudah ada Peraturan Menteri Agama (PMA) No 63/2013. ”Kanada, jamaah haji lunas berangkat dan lunas tunda,” ucapnya. Kepala Kanwil Kemenag Jateng Khaeruddin menambahkan, saat ini pemondokan haji di Solo sudah siap untuk menampung jamaah haji. Dia mengakui masih ada perbaikan-perbaikan, tapi itu hanya rehab kecil. ”Alhamdulillah, sudah siap. Bisa menampung 3–4 kloter, sekitar 2.000 calon haji,” ucap Khaeruddin.

Jamaah haji asal Jateng yang akan berangkat tahun ini akan diumumkan secara transparan satu dua hari lagi. Ini bisa dilihat di situs Kemenag pusat, karena yang berwenang mengumumkan adalah pusat. arif purniawan

Popular content