• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Pendaftaran Jaminan Pribadi - BPJS Kerja sama dengan 3 Bank

MEDAN –Rencananya, saat Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) berlaku tahun 2014, orang yang belum tertanggung asuransi bisa mendaftar ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) secara pribadi.

Untuk mendukung terlaksananya program ini, BPJS sudah menjalin kerja sama dengan tiga bank umum nasional dalam mendukung sistem pembayaran. Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Asuransi Kesehatan (Askes) Taufik Hidayat mengungkapkan, tiga bank yang bersedia menjadi provider pembayaran asuransi perorangan tersebut, yakni BRI, BNI, dan Mandiri.

Nantinya, ketiga bank ini akan menyiapkan formulir dan teknis dalam pembayaran asuransi setiap bulan. “Ke depan kami akan banyak bekerja sama dengan bank lain, termasuk bank-bank daerah,” ujarnya di Kantor PT Askes, Jalan Karya, Medan, Rabu (17/7). Karena itu, mereka meminta agar setiap bank yang ingin bekerja sama menyiapkan aplikasiaplikasi yang dapat memudahkan masyarakat membayarkan premi asuransi. Jika semua bank siap, masyarakat tentu bisa membayar dengan mudah.

Saat ini, memang belum diputuskan jumlah dana yang harus dibayarkan untuk ikut menjadi peserta BPJS. Namun, PT Askes mengusulkan biaya Rp30.000 per bulan untuk pembayaran asuransi setara kelas III. “Jika masyarakat ingin mendapatkan fasilitas kelas yang lebih baik, dia bisa ikut asuransi swasta dan minta premi dasarnya dibayarkan BPJS.

Dengan begitu, premi asuransi yang dikeluarkan lebih kecil,” katanya. Sementara Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Nurdin Lubis mengungkapkan, menjelang berlakunya SJSN, Pemprov Sumut berupaya untuk mendorong agar rumah sakit terakreditasi. Pasalnya, akreditasi merupakan salah satu syarat rumah sakit dapat bekerja sama dengan BPJS. siti amelia

Popular content