• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

4 September Pilkada Ulang

PALEMBANG- Komisi Pemilihan Umum Sumsel menetapkan pemungutan suara ulang Pilkada Sumsel di OKU, OKU Timur, Palembang, Prabumulih, dan Kecamatan Warkuk Ranau, OKU Selatan, digelar pada 4 September 2013.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Divisi Sosialisasi Ong Berlian mengatakan, keputusan mengenai kepastian hari H pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Sumsel periode 2013-2018 di lima daerah di Sumsel, disepakati melalui rapat pleno KPU Sumsel kemarin. “Diputuskan dalam rapat pleno KPU, pada Rabu, 4 September 2013, ditetapkan sebagai hari pemungutan suara ulang,” kata Ong Berlian kemarin. Selanjutnya, hasil rapat pleno KPU Sumsel juga telah menyusun tahapan jadwal pelaksanaan PSU.

Pada 19-20 Juli 2013, akan dilakukan pengadaan logistik PSU, yang segera didistribusikan ke lima daerah tempat pelaksanaan PSU tersebut paling lambat pada akhir Agustus mendatang. Sedangkan pada 5-6 September 2013, akan dilakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kelurahan (PPS), yang dilanjutkan pada 7-8 September 2013, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan (PPK), hingga pada 9-10 September 2013, dilakukan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat KPU kabupaten/Kota.

Kemudian, pada 11-12 September 2013 akan dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat KPU Sumsel. Diakhiri pada 13 September 2013, masuk tahapan pleno penetapan hasil rekapituasi suara serta penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel terpilih periode 2013-2018. Menurut Ong, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna mengantisipasi tingginya angka golput pada PSU Pilkada Sumsel, 4 September mendatang.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel RHM Adi Rasyidi mengatakan, menghadapi pelaksanaan PSU ini, pihaknya telah menyusun sejumlah strategi terkait langkah-langkah untuk mempertahankan kemenangan pasangan Alex Noerdin- Ishak Mekki, yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, PBB dan PDS. Hal senada diungkap Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumsel Darmadi Djufri.

Menurut Darmadi, pihaknya segera menggelar rapat koordinasi untuk membahas langkah-langkah yang akan diambil dalam menghadapi PSU, yang digelar pada 4 September mendatang. Sekretaris tim pemenangan pasangan nomor urut 3, Herman Deru-Maphilinda (Der- Ma), Tarech Rasyid mengatakan, untuk memenangkan pasangan DerMa pada pelaksanaan PSU ini, pihaknya akan membentuk satgas dan menyiapkan banyak saksi, mulai dari tingkatan TPS, PPS, PPK, KPU kabupaten/ kota hingga KPU Sumsel. dedy sagita 

Popular content