• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Holcim - Sebar Ratusan Gerai Solusi Rumah

Holcim

Dalam beberapa tahun terakhir, PT Holcim Indonesia (Holcim Indonesia) melakukan gebrakan yang fenomenal sehingga turut memberi dampak positif bagi perusahaan.

Di antara beberapa gebrakan korporasi yang kini mempekerjakan sekitar 2.500 karyawan itu adalah membuat konsep Solusi Rumah. Solusi Rumah adalah toko bangunan yang menyediakan berbagai layanan dalam membangun rumah. Program ini dikembangkan Holcim dengan cara waralaba (franchise). Konsep ini sangat membantu toko bangunan konvensional menjadi lebih inovatif dan modern dengan konsep ìone stop shopî. Solusi Rumah juga menyediakan fasilitas penghitungan anggaran bangunan atau renovasi rumah yang dapat disesuaikan dengan kemampuan konsumen.

Menurut Eamon, kini Holcim juga telah bekerja sama dengan bank dan asuransi untuk dapat lebih membantu pembiayaan konsumen dalam mewujudkan rumah idaman mereka. Saat ini sudah lebih dari 400 gerai Solusi Rumah tersebar di Jawa dan Bali. Gebrakan Holcim lainnya yaitu upayanya dalam memperkuat jaringan distribusi. Kebutuhan itu akan dapat terpenuhi dengan usahanya melakukan inovasi truk pengaduk semen berukuran mini, yaitu Minimix.

Holcim mendesain truk lebih kecil supaya dapat menjangkau wilayah-wilayah perumahan padat penduduk yang memiliki jalanan sempit. Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Tanah Air, Holcim juga memiliki tanggung jawab besar untuk menyejahterakan masyarakat. Melalui beberapa program corporate social responsible (CSR)-nya, korporasi yang berbasis di Swiss ini berupaya untuk memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan.

Sejumlah agenda CSR selalu ditunaikan baik di sektor pendidikan, ekonomi, maupun kesejahteraan sosial lainnya. Menurut CEO Holcim Indonesia Eamon Ginley, dalam mengaktualisasikan program CSR, Holcim Indonesia selalu melaksanakan pemberdayaan sosial sekitar area kerja perusahaan baik melalui program pendidikan, pembiayaan ekonomi mikro, maupun pembangunan infrastruktur masyarakat. ”Selain itu, kita juga memberikan konsultasi rutin guna menghasilkan kemandirian yang berkelanjutan,” kata Eamon.

Inisiatif itu, lanjut Eamon, diwujudkan dalam bentuk forum komunikasi masyarakat, pos daya, penyaluran kredit mikro, beasiswa, program pelatihan bagi para ahli bangunan (tukang), budi daya jamur di Cilacap, integrated farming di Tuban, posyandu bagi balita, serta program mudik bagi para ahli bangunan. Tahun kemarin Holcim juga mendapatkan penghargaan CSR dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) atas program kredit mikronya.

Sementara tahun ini, Holcim juga menerima awardCSR dari KORAN SINDOatas berbagai aktivitas sosial yang dilaksanakan. Sementara di bidang kepedulian lingkungan, Holcim juga sarat penghargaan. Hingga akhir 2012, pabrik Holcim di Cilacap berhasil mempertahankan PROPER Emas selama tiga tahun berturut- turut. Penghargaan ini merupakan prestasi tertinggi di bidang manajemen limbah dan lingkungan hidup di Indonesia.

”Pabrik Holcim di Cilacap ini juga sukses mempertahankan PROPER Hijaudari Kementerian Negara Lingkungan Hidup (Kemeneg LH) selama dua tahun berturut-turut,” ungkap Eamon. Bahkan, Holcim Indonesia juga sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan Green Industry Award dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang diserahkan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada akhir 2012 lalu.

Yang lebih prestisius, Holcim juga merupakan perusahaan satu-satunya penerima Ozon Award sebagai pengakuan atas kegiatan yang berkelanjutan dalam memusnahkan bahan perusak ozon dengan aman. Holcim Cilacap berhasil menjadikan sekam padi jadi alternatif bahan bakar pabrik semen. Selain langkah ini, contoh lain dari perwujudan visinya, Holcim mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan menerapkan konsep ”Sustainable Construction” bagi kelestarian lingkungan.

Sejak 2005, Holcim Foundation memberikan anugerah Holcim Awards bagi konsep pembangunan secara global yang memperhatikan aspek 5P, yaitu Progress, People, Planet, Prosperity, danProficiency. Aspek 5P tersebut menuntut rencana pembangunan yang inovatif dan berkelanjutan, mengakomodasi kebutuhan, serta memberdayakan sekitarnya dan memperhatikan kelestarian sumber daya alam. ”Aktivitas ini memberikan kontribusi bagi kesejahteraan serta tetap memperhatikan estetika ruang publik. Holcim Awards untuk keempat kalinya telah mulai diluncurkan kembali sejak 1 Juli 2013,” tutur Eamon. nafi’ muthohirin


Popular content