• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Proyek Tol Diambil Alih Pusat

INDERALAYA – Tahapan persiapan untuk pembangunan jalan tol Palembang–Inderalaya, kembali diulang dan diambil alih pemerintah pusat. Sementara tahapan persiapan pendataan yang telah dilakukan oleh Provinsi Sumsel beberapa waktu lalu dinyatakan gugur.

“Jadi, kemarin, kami sudah melakukan pertemuan lagi dengan semua pihak terutama dari pusat, BPN, perwakilan pihak ketiga yakni PT Hutama Karya yang menyatakan bahwasanya akan dilakukan persiapan ulang lagi soal pembangunan jalan tol itu,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Ogan Ilir, Herman kepada KORAN SINDO PALEMBANG kemarin.

Dia menegaskan, dengan adanya persiapan ulang atau tahap pertama dari pembangunan jalan Tol Palembang– Inderalaya tersebut, maka untuk persiapan yang sebelumnya telah digunakan Pemerintah Provinsi Sumsel dinyatakan tidak dipakai lagi. Bahkan pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan tol Palembang–Inderalaya yang telah disiapkan pemerintah Provinsi Sumsel senilai Rp100 miliar batal mengingat untuk pembebasan lahan didanai pemerintah pusat.

“Makanya, persiapan untuk pembangunan jalan tol diulang kembali. Tahap pertama lalu yang telah melakukan pendataan terpaksa batal, termasuk pembebasan lahan yang awalnya akan didanai pemerintah provinsi,” timpalnya. Dalam tahap persiapan yang dilakukan nanti, kata Herman, akan melibatkan semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dalam melakukan pendataan ulang dan pembayaran ganti rugi.

Tahapan persiapan ini diprediksi dipercepat mengingat pada 1 September 2013, pelaksanaan fisik pembangunan jalan tol Palembang–Inderalaya segera dilaksanakan. Tahap pertama dalam persiapan ini meliputi sosialisasi kepada masyarakat bahwasanya akan ada pembangunan jalan tol, lalu pendataan awal pemilik lahan, konsultasi publik, persiapan lokasi yaitu menyampaikan laporan kepada gubernur untuk penetapan lokasi untuk pembangunan jalan tol dan terakhir pengumuman pembangunan yaitu penetapan lahan jalan tol.

“Tahap persiapan dimulai 17 Juli hingga 16 Agustus mendatang. Jadi, ada waktu satu bulan. Setelah itu baru pelaksanaan fisik pembangunan,” kata Herman. Sementara itu, perwakilan puluhan warga Kecamatan Pemulutan melalui Kepala Desa (Kades) Ibul III, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir, Bahsan Muharam menegaskan setidaknya ada 32 Kepala Keluarga (KK) di Desa Ibul III yang lahan pertaniannya terkena rencana pembangunan jalan tol.

“Saya hanya memfasilitasi warga saja. Mereka (warga) mengaku kebingungan soal rencana proyek pembangunan jalan tol Inderalaya–Palembang. Sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai ganti ruginya. Ya, hanya menunggu saja,” kata Bahsan. darfian jaya suprana

Popular content