• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Kiriman Uang Melonjak

GUNUNGKIDUL– Transaksi keuangan yang masuk ke Gunungkidul meningkat tajam menjelang Lebaran. Dari kantor pos melalui wesel dan paket kiriman lain, tercatat kenaikan sebesar 30–40% dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Pengawas layanan loket Kantor Pos Wonosari, Dakwah Iqbal mengatakan, kiriman uang yang masuk ke semua wilayah di Gunungkidul, kebanyakan berasal dari warga asal Gunungkidul yang bekerja di luar negeri dan beberapa kota besar di wilayah Sumatra. “Kenaikannya mencapai 30–40% dari hari biasa.

Kemungkinan masih akan banyak kiriman, baik paket maupun uang hingga H+10 mendatang,” katanya kepada wartawan kemarin. Selain kiriman uang, kantor pos juga disibukkan dengan kiriman paket berupa makanan kering serta pakaian. “Lonjakan paket juga cukup signifikan, hampir sama dengan kiriman wesel,” kata dia. Meningkatnya kiriman barang dan uang ini, karena ada beberapa sanak saudara yang tidak bisa pulang saat Idul Fitri.

Dengan demikian, mereka memilih mengirimkan barang baik baju, makanan, serta uang supaya bisa digunakan oleh keluarga yang ada di rumah untuk merayakan Lebaran. “Khusus untuk pengiriman uang dari luar negeri, semuanya dikirimkan melalui jasa pengiriman uang Western Union dan MoneyGram,” ucapnya. Menurutnya, jasa pengiriman Western Union biasanya digunakan oleh warga asal Gunungkidul yang bekerja di Arab Saudi, Malaysia, serta beberapa negara di Asia lainnya.

Sedangkan untuk MoneyGram digunakan oleh warga yang bekerja di Amerika Serikat. Dia yakin, kiriman uang melalui kantor pos ini meningkat dari tahun lalu. Untuk 2012 lalu mencapai Rp13,4 miliar. 2011 mencapai Rp11,8 miliar dan 2010 kiriman uang lewat kantor pos senilai Rp9 miliar. Setiap tahun mengalami peningkatan. Hal yang sama juga terjadi di Pegadaian.

Kepala Pegadaian cabang Wonosari Agus Nawangsih Sulamto mengatakan, transaksi penebusan barang yang ada di pegadaian mengalami peningkatan hingga 25% dibandingkan pada bulan sebelumnya. Diperkirakan, transaksi penebusan barang selama puasa hingga Lebaran akan terus meningkat. “Ratarata transaksinya adalah menebus perhiasan. Hampir 99% nasabah kami menebus perhiasan emas,” katanya. ●suharjono                  

Popular content