• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Tampil Modis di Hari Raya

Hari raya Idul Fitri menjadi momen yang ditunggutunggu semua umat muslim di hari kemenangan. Bukan hanya antusias menyambut momen mudik yang datang setahun sekali, Lebaran juga menjadi ajang tren busana terutama busana muslim yang akan dikenakan ketika hari raya tiba.

Moslem Fashion Designers Jogja (Moda) melalui koleksi busana muslim yang baru dan beda mencoba mengemas busana muslim tren Lebaran 2013 dengan nuansa tradisional Indonesia dalam busana muslim urban-modern. Koleksi busana muslim perancang Moda ini juga menjadi sumber inspirasi busana muslim siap pakai yang cocok dikenakan perempuan muda sehari-hari dan tentunya busana yang menjadi referensi menjelang Lebaran.

Desainer Yukky Pratama tahun ini membuat busana muslim berjudul Azimatyang merupakan perpaduan antara kain lurik, bahan kaos spandek, dan katun. Yukky dengan label Enha memfokuskan rancangannya bagi wanita muslim yang ingin tampil gaya, modis, dan unik. Namun tetap memiliki nilai syariah.

Dengan desain casual yang simpel namun tetap elegan, perempuan asal Magelang ini banyak bermain dengan layering dan cutting. “Ciri khas busana yang aku bikin casual, simpel, dan elegan serta banyak menggunakan warnawarna hitam,” kata desainer yang juga anggota Moda, Yukky kemarin.

Lain Yukky, lain pula desainer Aditya Fitriasari yang menawarkan busana Lebarancolorfull etnic, yang terinspirasi dari kekayaan alam yang ada di Yogya. Aditya banyak bermain pada aplikasi berupa bunga dan bordir untuk mempercantik busana lurik dan batik. Pemilihan warna-warna segar biru dan tosca, juga warna-warna alam cokelat dan marun menjadi pilihannya. Serta warna yang sedang tren saat ini seperti oranye, menambah kesan trendi pada busana muslim rancangan Aditya.

Sejak 2012, Aditya mulai memproduksi moslem wear berupa baju dan pashmina dengan model terkini. Namun tetap syar’i, dengan label House of Shaqina. Selain tren busana Lebaran yang banyak digandrungi wanita, kaum pria pun tak ingin ketinggalan dalam mengikuti tren busana muslim khusus pria. Menyadari kebutuhan ini, Karita Muslim Square kembali mengeluarkan koleksi busana terbarunya.

Jika selama ini masyarakat umum menganggap Karita sebagai butik muslim khusus wanita, kini butik yang terletak di Jalan C Simanjuntak ini mengeluarkan koleksi busana muslim khusus pria. Karita mengeluarkan 22 sarung pilihan warna berbahan dasar katun yang pas dikenakan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mayoritas sarung yang ditawarkan sengaja ditampilkan tanpa detail motif yang berlebihan.

Motif sarung yang biasanya identik dengan motif kotak-kotak juga tidak dihadirkan dalam koleksi sarung kali ini. Pemilihan motif polos pada koleksi sarung lebih kepada memberikan tren dan sentuhan baru pada rancangan sarung. “Segmentasi busana muslim for menlebih ke arah remaja. Sarung dikombinasikan dengan atasan baju koko berbahan dasar katun kotak-kotak ditambah dengan aplikasi bordir. Pilihan atasan juga dapat menggunakan blazer kotak-kotak dengan warna cerah,” kata pimpinan Unit Karita Muslim Square, Pedhi Marlisa.

Pedhi menambahkan, koleksi baju koko untuk pria tersedia dengan pilihan lengan panjang dan lengan pendek yang dapat disesuaikan dengan selera si pemakai. Warna-warna baju koko yang dihadirkan masih membawa nuansa warna-warna soft. Selain sarung dan baju koko, aksesori pelengkap lain busana muslim for menadalah peci. Kali ini Karita mengeluarkan rancangan peci azzam.

Peci  azzamhadir dalam beberapa pilihan warna mulai dari warna marun, hijau, dan biru donker. Aksesori yang tidak kalah menarik adalah sarung peci. Sarung peci adalah koleksi yang cukup banyak diminati. Penggunaannya pun terbilang simpel, sama seperti menggunakan peci, hanya terdapat tambahan sedikit kain sarung.

Motif peci sarung dikreasikan senada dengan baju koko yang dikenakan dan ditambahkan sedikit aplikasi bordir di beberapa bagian. “Sarung peci cocok digunakan untuk kegiatankegiatan formal. Sarung peci ditawarkan dengan harga Rp90.000. Harga yang cukup terjangkau untuk berbelanja koleksi terbaru Karita for Men,” katanya.

Tren Lebaran tak hanya identik dengan kaum muda, ibu-ibu dan wanita dewasa pun memiliki tren fashionbusana Lebaran tersendiri yang didominasi dengan gaya busana yang terlihat elegan namun tetap trendi menyambut Hari Raya Idul Fitri. Kali ini batik Danar Hadi mengeluarkan koleksi busana spesial Lebaran yang terbagi dalam beberapa kategori dan dapat menjadi referensi pilihan berbusana muslim di hari nan fitri.

Batik Danar Hadi menawarkan 20 koleksi busana feminin dan elegan terbaru yang memberikan sentuhan busana muslim dengan bahan katun motif warna-warni seruni dan boket latar truntum, sifon motif paisley mixkawung, dan motif boket liris. Bahan yang digunakan adalah bahan sifon geometris colourdengan sentuhan mutiara serta bahan sifon dengan untaian bunga. Bahan sifon selain nyaman dikenakan, motifmotif batik yang berpadu dengan untaian bunga dan mutiara akan menambah anggun penampilan berbusana muslim.

Busana muslim batik Danar Hadi ditawarkan mulai harga Rp400.000–Rp2 Juta. “Untuk tren busana muslim batik tahun ini memang agak sedikit berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini kami mencoba menghadirkan warna-warna batik pesisiran yang banyak menampilkan warna-warna cerah. Tak hanya itu, desain busana muslim yang ditampilkan disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan.

Hal ini untuk menunjukkan bahwa batik juga dapat dikreasikan dalam balutan busana muslim yang modern,” kata Area Sales Manajer Batik Danar Hadi DIY-Jateng, Dyah Arsupi Wreda Hening. windy anggraina

Popular content