• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Roger Federer Makin Dilematis

BASEL- Roger Federer terancam tak bisa tampil di ajang Grand Slam Amerika Serikat Terbuka. Petenis asal Swiss itu mengalami berbagai masalah fisik menghadapi turnamen grand slam penutup tahun yang digelar pada 26 Agustus-9 September mendatang.

Tanda-tanda kurang bugarnya kondisi Federer, sebenarnya sudah terlihat saat peraih 17 gelar grand slam tersebut mundur dari ajang tenis masters Rogers Cup di Montreal, Kanada, pekan lalu. Sejak mundur dari ajang tersebut, petenis asal Swiss itu malah mulai diprediksi tidak akan ambil bagian di ajang Amerika Serikat Terbuka. Saat itu, Federer pun menyampaikan kekecewaannya. Lewat jejaring sosial Facebook, petenis berusia 31 tahun itu juga menyampaikan kesedihannya.

Cedera punggung yang dialaminya membuatnya mundur dan mencoba mencari peruntungan pada kesempatan yang akan datang. “Saya kecewa tidak bisa bermain di ajang Montreal Masters. Itu turnamen besar yang memiliki penggemar begitu luar biasa. Tapi, saya sangat berharap, akan bisa kembali bersaing di masa yang akan datang,” tulis Federer di halaman Facebook miliknya, seperti dilansir abc.net.au.

“Saya mengalami masalah serius di bagian belakang punggung saya. Saya bahkan sempat kesakitan saat menjalani turnamen di Hamburg, pekan lalu,” sambung petenis kelahiran Basel, Swiss, tersebut. Tidak hanya Federer, Rafael Nadal pun mengalami kondisi sama. Jika Federer mengalami kendala di bagian punggung, petenis Spanyol itu harus berusaha memulihkan kondisi cedera di bagian lutut kiri. Meski begitu, Pelatih Toni Nadal yakin petenis asal Spanyol tersebut mampu bersaing di Amerika Serikat.

Apalagi, Nadal sudah menjajal kekuatannya di Rogers Cup. Toni yang juga paman petenis berusia 27 tahun tersebut menegaskan, Nadal segera pulih total dan bisa bersaing dengan petenispetenis top dunia lainnya. Nadal juga diyakini perlahan-lahan akan mampu kembali ke performa terbaik yang membuatnya mencatatkan 12 gelar grand slam tersebut. Meski begitu, Nadal harus tetap waspada dengan cederanya. Apalagi, masalah itu bukan sekali dua kali terjadi.

Bahkan, saat dia kehilangan kesempatan mempertahankan gelar Prancis Terbuka pada 2009 menyusul kekalahannya dari Robin Soderling pada babak keempat, salah satu penyebabnya adalah cedera lutut. Terakhir, Nadal sempat terpincang- pincang saat berhadapan dengan petenis Belgia Steve Darcis pada babak pertama Wimbledon sebelum akhirnya menyerah.

Dari kejadian itu, banyak spekulasi berkembang bahwa petenis kelahiran Manacor, Spanyol, itu tidak akan mampu tampil di banyak turnamen sepanjang 2013. ●decky irawan jasri

Popular content