• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Jangan Sampai Tersangkut Keramba

Peserta paralayang bersiap mendarat pada kejuaraan paralayang untuk memeriahkan Pesta Danau Toba 2010. Tahun ini, paralayang juga akan turut diperlombakan dalam Festival Danau Toba.

MEDAN –Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar meminta panitia dan Pemprov Sumatera Utara menjamin kebersihan Danau Toba dalam rangka Festival Danau Toba (FDT) yang digelar pada 8–14 September 2013.

Salah satu kegiatan yang digelar dalam FDT tersebut, yakni lom - ba renang lintas Pulau Samosir. Rencananya, lomba digelar se - lama tiga hari dua malam dengan be berapa etape, sehingga pe ser - ta bisa beristirahat. “Jangan sam pai peserta tersangkut di ke - ramba,” kata Sapta yang di sam - but tawa ratusan peserta so sial - isasi FDT 2013 di HDTI Con ven - tion Hall, Kamis (22/8).

Sapta didampingi Bupati Samosir Mangindar Simbolon yang juga Ketua Panitia FDT 2013. Mangindar Simbolon me - nam bahkan, lomba renang ini akan diikuti sejumlah perenang alam internasional. Untuk men - ja min kondisi perairan aman bagi perenang, lokasi tersebut sudah disurvei Federasi Renang Internasional (FINA). “FINA su - dah menyatakan aman. Jadi ti - dak ada masalah. Soal keramba yang disebutkan Pak Wamen juga sudah dikondisikan. Yang jelas perairan itu sudah aman untuk digelar perlombaan,” ka - tanya.

Selain renang lintas Samosir, pihaknya juga menggelar lomba renang rakyat di kawasan Tuktuk. Kemudian lomba Solu Bo - lon yang merupakan olahraga tradisional asli Danau Toba. “Ada 17 solu bolon yang di siap - kan. Masing-masing diisi 22 orang. Bahan dasar fiber glass, untuk menyesuaikan dengan standar internasional. Tapi te - tap kelihatan motif Batak-nya,” kata Mangindar.

Selain itu, FDT menggelar olah raga dirgantara, yakni para - la yang. Jika biasanya paralayang men darat di dataran, kali ini pe - serta akan mendarat di perairan Danau Toba. “Dengan kegiatan ini, kita juga bisa melihat pe man - dangan Danau Toba dari atas. Dari atas itu, keindahan Danau Toba tak ada habisnya,” ucap Wa - men Sapta Nirwandar.

Sapta Nirwandar me ne gas - kan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ke men - pa rekraf) sangat menjual FDT 2013 ini ke masyarakat In do ne - sia dan dunia. Sebab, potensi yang dimiliki kawasan Danau Toba sangat luar biasa, tetapi se - lama ini belum begitu maksimal dikelola sebagai destinasi wi - sata. Tentunya ini mem bu tuh - kan kerja sama dari banyak pihak.

Menurut dia, kerja sama se - mua pihak ini sangat diperlukan karena FDT akan diproyeksikan menjadi festival berkelas in ter - nasional. Paling tidak dalam lima tahun ke depan efek dari pe - laksanaan FDT ini bisa di ra sa - kan dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Su - mut, dan Danau Toba pada khu - susnya. Selain event olahraga, FDT juga menggelar acara budaya, yang digarap seniman nasional asal Sumut Rizaldi Siagian.

Ri - zaldi menjelaskan, pihaknya akan menggelar sejumlah ke - giat an budaya, antara lain kar - naval Sigale-Gale, World Drum Festival, dan Social Drama. “Da - lam mengemas semua kegiatan ini, saya dibantu banyak kawankawan, salah satunya adalah ak - tor kawakkan Alex Komang. Dia ha dir sekarang,” ujar Rizaldi sam bil mempersilakan Alex ber - diri.

Rizaldi menambahkan, se ba - gai perancang program budaya FDT 2013, dia juga berupaya me - lu ruskan apa yang disebut se - bagai sebuah festival. Salah sa tu - nya festival budaya bukanlah per lombaan. “Tapi bagaimana da lam festival itu, semua kebudayaan bisa tampil, dinikmati, dan diapreasiasi oleh penonton de ngan caranya masing-ma - sing,” tuturnya.

Sementara Wakil Gubernur Sumut T Erry Nuradi menye but - kan, mulai tahun ini, no men - klatur Pesta Danau Toba men - jadi Festival Danau Toba. Hal ini diharapkan menjadi tonggak ke - bangkitan ikon pariwisata na - sional kawasan Danau Toba un - tuk menarik lebih banyak wi sa - tawan ke Sumut. “Selain melestarikan adat bu - daya, diharapkan jadi media pro - mosi terhadap daerah tujuan wisata di seluruh kawasan Da - nau Toba, dan mengembalikannya sebagai destinasi wisata ut a - ma nusantara,” tandas Erry.

Erry menuturkan, visi FDT men jadi festival berkelas in ter - nasional, bercitra kuat, dan diakui dunia, melalui pelestari - an alam dan kreativitas budaya ka wasan Danau Toba yang mam - pu meningkatkan ke se jah te ra - an masyarakatnya. Karena itu, dia meminta satuan kerja pe - rangkat daerah (SKPD) mendukung aspek pelaksanaan fes ti - val, baik dari transportasi, ke - amanan, infrastruktur maupun lainnya.

 “Jumlah kunjungan wi - satawan tahun 2012 sebanyak 241.833 orang. Kami punya target dua juta orang dalam tiga tahun ke depan. Ini hal yang mungkin, jika kita serius dan mau bersinergi,” katanya.

Event Wisata Tetap di September

Bupati Samosir Mangindar Simbolon menyatakan, mana jemen FDT sudah berbeda dengan yang sebelumnya. Kerja sama dengan banyak pihak tidak si - tua sional lagi. Semua ka bu pa - ten/kota di sekitar Danau Toba su dah berkomitmen untuk be - kerja sama.

“Setiap tahun pa ni tianya bisa digilir. Tapi waktu pe lak sa - naannya tetap tidak bisa diubah, yakni pekan kedua bu lan Sep - tember. Ini sudah men jadi do ku - men FDT yang di fa si li tasi Ke - men parekraf. Dengan event wisata yang tetap ini, kami ha rap pihak swasta (biro perjalanan) bisa menjual ini ke wi satawan dunia,” ungkapnya.

Ketua Association of the In - do nesia Tours and Travel Agen - cies (Asita) Sumut Salahuddin Nasution menyambut baik wak - tu pelaksanaan FDT yang tetap pada bulan September. “Me - mang ini yang kami tunggu. Ka - rena selama ini PDT tidak jelas waktu pelaksanaannya. Dengan seperti ini, kami akan semakin mudah menjual pariwisata Su - mut,” tandasnya. fakhrur rozi

Popular content