580 Caleg Berebut 55 Kursi DPRD DIY

YOGYAKARTA– Hari ini, KPU DIY akan mengumumkan secara resmi daftar calon tetap atau DCT Pileg 2014. Sebanyak 580 calon legislator (caleg) akan bertarung memperebutkan 55 kursi Dewan di provinsi istimewa ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY Any Rochyati mengatakan, dari proses penetapan daftar calon sementara (DCS) menjadi DCT hanya ada satu calon yang mengundurkan diri. “Ada satu dari Partai Hanura yang mengundurkan diri,” ucapnya kemarin. Dengan jumlah 580 caleg, persaingan untuk mendapatkan kursi DPRD DIY sudah mencapai 1:10. Namun jumlah peserta pemilu legislatif (pileg) masih di bawah angka maksimal yang bisa maju nyaleg.

Any Rochyati mengungkapkan, untuk 55 kursi DPRD DIY dengan 12 partai politik peserta pemilu, jumlah caleg maksimal bisa mencapai 660 orang. “Terpaut 80 orang dibandingkan jumlah caleg maksimal yang bisa mencalonkan diri,” ucapnya. Dengan pengumuman DCT resmi hari ini, proses pencalonan sudah dinyatakan selesai. Para caleg tinggal menunggu proses kampanye agar bisa melakukan pendekatan kepada masyarakat pemilih.

Dari daftar yang dikeluarkan KPU, ada delapan dari 12 partai peserta pemilu yang tidak memaksimalkan jumlah caleg Pileg 2014. “Yang tidak lengkap 55, ada delapan partai,” kata Komisioner bidang Hukum KPU DIY, Miftahul Alfin. Partai-partai yang tidak memiliki caleg sebanyak 55 orang untuk kursi DPRD DIY, yaitu Partai Demokrat, PDIP, PKB, PPP, Partai Hanura, Partai Gerindra, PKPI, dan PBB. PKPI dan PBB jumlah calegnya kurang dari 50% kuota maksimal.

Ditemui terpisah, Badan Kehormatan (BK) DPRD DIY Sukamto mengutarakan, baru ada satu anggota Dewan yang kembali mencalonkan diri. “Bu Isti (Istianah ZA) yang saya tahu, yang lain belum ada info lagi,” kata Sukamto. Sementara itu, dari penelusuran KORAN SINDO YOGYA, ada tiga nama yang akan bersaing menuju Senayan di Pileg 2014. Ketiga nama tersebut adalah Esti Wijayanti (PDIP), Ahmad Subangi (Golkar), dan Ahmad Sumiyanto (PKS).

KPU Kota Yogyakarta juga telah menetapkan DCT. Dari 363 DCS, satu bakal calon legislatif (bacaleg) mundur sehingga jumlah caleg menjadi 362 orang. Ketua KPU Kota Yogyakarta Nasrullah menjelaskan, kemunduran satu caleg disebabkan persoalanpribadi.“ Ada yangmundur satu orang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) karena persoalan pribadi,” katanya.

Bacaleg dari PPP bernama Muhisam tersebut awalnya diplot bertarung di daerah pemilihan (dapil) II dengan nomor urut 6. Kemunduran satu caleg dari PPP itu tidak bisa digantikan karena proses pengunduran diri setelah calon ditetapkan, serta tidak mengubah kuota perempuan 30%. Dari 10 parpol peserta pemilu, hanya lima yang memenuhi kuota 40 caleg. Yaitu PKS, Partai NasDem, Partai Gerindra, serta Partai Amanat Nasional (PAN).

Selanjutnya KPU Kota Yogyakarta segera mengumumkan DCT kepada masyarakat. Baik melalui situs KPU, maupun ditempel di masing-masing kantor kelurahan. “Lalukamifokuspada penetapan daftar pemilih tetap (DPT) hingga akhir September 2013 mendatang,” katanya. Sampai saat ini jumlah daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) di Kota Yogyakarta bertambah sebanyak 700 pemilih dari DPT sebelumnya. Jumlah tersebut dimungkinkan terus meningkat hingga akhir September mendatang. ● maha deva/ winda sulistyorini

Popular content