• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Dua Pelaku Illegal Tapping Ditangkap

MUARAENIM –Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Gunung Megang berhasil mengungkap dua pelaku illegal tapping minyak kondesat di lokasi Sumur Betung, Desa Gunung Megang Luar, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim pada Jumat (23/8) sekitar pukul 00.05 WIB, kemarin.

Kedua pelaku merupakan warga Desa Gunung Megang yakni Ahmad Rohidin alias Mat Jongker bin Hadin dan Kasim bin Nurdin. Informasi di lapangan menyebutkan, terungkap illegal tapping tersebut bermula dari informasi masyarakat dan ditindaklanjuti oleh petugas Polsek Gunung Megang dengan melakukan penyelidikan. Lalu, petugas melakukan pengintaian.

Benar saja, saat di lokasi tersebut para pelaku telah melancarkan aksinya dengan melakukan pencurian minyak mentah milik PT Pertamina EP tersebut. Petugas langsung melakukan penyergapan dan berhasil mengamankan dua orang pelaku berikut barang bukti minyak mentah. Kapolres Muaraenim AKBP Mohamad Aris melalui Kapolsek Gunung Megang AKP John Sahibi mengatakan, dari kedua pelaku turut diamankan barang bukti (Barbuk) berupa delapan jeriken minyak kondesat.

Masing-masing derigen menampung sebanyak 40 liter minyak dengan totalnya 320 liter. Selain itu, petugas juga mengamankan dua unit sepeda motor jenis Honda serta sebilah parang dan sebilah pisau bersarung kayu. Adapun, modus illegal tapping dari pelaku yakni dengan cara melobangi pipa dengan bor. Kemudian membuat sumur tampungan dibawah len pipa, selanjutnya, dengan menggunakan gayung lalu di tuangkan ke dalam jeriken.

“Atas ulah pelaku, PT PertaminaEPmengalamikerugiansekitar Rp20 juta. Bahkan, kegiatan ini sudahberlangsungselama4bulan terakhir. Untuk itu, kedua pelaku, kita kenakan pasal 363 KUHP,” ujar John. Sementara itu, dari pengakuan Mat Joger dan Kasim dihadapan penyidik Polsek Gunung Megang, dirinya nekat mencuri minyak mentah tersebut lantaran terhimpit ekonomi. Sebab mereka berdua tidak memiliki pekerjaan tetap. “Kami terpaksa mencuri minyak mentah ini, karena untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,”ungkap keduanya. febria astute



Popular content