• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Unesa Temukan Ribuan Ijazah Bermasalah

SURABAYA– Kasus ijazah palsu dalam Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) diprediksi bakal bertambah. Panitia Sertifikasi Guru (PSG) menemukan ribuan ijazah bermasalah.

Ketua PSG Rayon 114 Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Alimufi Arief mengatakan, berkas bermasalah di rayonnya hampir mencapai ribuan. Belum adanya kepastian secara hukum membuat Unesa tidak berani menyatakan pemalsuan secara lanagsung. Saat ini, ujar dia, berkas yang bermasalah untuk sementara berkasnyadisisihkan. Namun, sebagai pihak penyelenggara PLPG, masih terbuka terhadap perguruan tinggi bersangkutan untuk mau memverifikasi ijazahijazah keluarannya yang diduga dipalsukan.

“Saat ini baru Unipa yang proaktif mengajukan diri untukmemverifikasiijazahnya di rayon Unesa,” ujar dia. Alimufi mengatakan, pihaknya akan mengirim surat kepada beberapa mitra seperti Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Unitomo, dan Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban agar berkenan memverifikasi kembali berkas ijazahnya yang dipakai guru untuk mengikuti PLPG. Jika tetap tidak mau, guru pemakai ijazah yang dicurigai ini akan dipanggil satu persatu oleh Rayon 114 Unesa untuk diverifikasi secara langsung.

Wakil Rektor (Warek) I Untag Surabaya, Andik Matulessy mengatakan, belum menerima pemberitahuan apa pun dari Unesa terkait ijazah palsu. Untag akan menindaklanjuti bila ada beberapa ijazah keluaran Untag yang bermasalah yang digunakan untuk PLPG di rayon Unesa. ●arief ardliyanto

Popular content