• Diperkirakan Badai Petir

    Jakarta

    Diperkirakan Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    34 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Bandung

    Diperkirakan Badai Petir
    29 °C

  • Diperkirakan Badai Petir

    Yogyakarta

    Diperkirakan Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    34 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    34 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    28 °C

Bupati Karo dan Dairi Diperiksa Polda

MEDAN – Dua kepala dae rah, yakni Bupati Dairi, Kanjeng Raden Adi p ati (KRA) Johnny Si to hang Adinegoro; dan Bu pati Karo, Kena Ukur Surbakti di periksa penyidik Ke po li sian Dae rah (Polda) Su ma - tera Uta ra (Sumut) se - cara ber gi lir an, ke ma - rin.

Ke duanya ter jerat ka sus ke pe mi lik an ija - zah palsu. Kepala Subdirektorat (Sub dit) I/ Keamanan Ne - gara (Kamneg) Polda Su - mut Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) RB Damanik menga takan, penyidik bisa saja menahan Bupati Dairi Johnny Sitohan atas sang ka an sengaja melakukan pemalsuan data autentik milik ne ga ra. Do ku - men negara itu di pal sukan agar dapat mencalonkan diri kembali sebaga bu pati dalam Pemilu Kepala Dae rah (Pil kada) Dairi 2013.

 “Kalau Bupatinya (Dai ri) ya bisalah kami tahan ka re na ancaman hukuman kasus ijazah palsu itu di atas lima tahun,” katanya ke pada wartawan, ke - marin. Dia mengungkapkan, ka - sus dugaan ijazah palsu orang nomor satu di Dairi itu saat ini sudah menjadi atensi Kapolda Sumut Irjen Pol Sye rief Gu na - wan untuk segera dituntaskan. RB Damanik juga mengaku sudah turun ke Dairi melakukan penyelidikan. Namun, untuk melakukan pro ses penahanan penyidik ma - sih perlu menunggu laporan dari pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

 ”Sampai saat ini, kami masih menunggu la poran itu. Begitupun, Pan was - lu Dairi sudah melaporkan kasus ini ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat di Jakarta karena meloloskan yang bersangkutan dalam bursa percalonan bupati di daerah itu,” katanya. Selain menunggu laporan dari panwaslu setempat, penyi - dik juga sedang berkomunikasi dengan Panwaslu Sumut. “Tadi, sudah kita datangani Panwaslu provinsi untuk menelusurinya dan saat ini masih dalam pro - ses,”tuturnya.

Dia menyebutkan, lolosnya Johnny Sitohang sebagai Bupati Dairi yang diduga menggunakan ijazah palsu tersebut karena ke - salahan KPU Dairi. Sebab, salah satu syarat untuk menjadi calon bupati adalah ijazah asli. Ke sa - lahan KPU Dairi tersebut sudah ditentang Panwaslu, tapi tidak ditanggapi. Itu sebabnya, Panwaslu Dairi melaporkan kinerja KPU Dairi ke Panwaslu pusat di Jakarta pada 13 Agustus 2013. Ber da sar kan laporan Panwaslu Dairi ter se but, KPU Dairi mendadak meng gelar rapat pleno pada 14 Agustus 2013.

“Tapi, rapat itu digelar tertutup dan tidak di ha diri Pan - waslu setempat,” se but nya. Sedangkan Bupati Karo Kena Ukur Surbakti diperiksa pe nyi - dik Ditreskrimum Polda Sumut dalam kasus pemberian ke te - rang an palsu kepada KPU Karo pada 2 April 2012. Kena Ukur mem berikan surat keterangan pengganti ijazahnya yang di nya - ta kan hilang pada 2012.

 ”Sebenarnya, pada tahun 1982 yang bersangkutan ini su - dah pernah membuat surat ke - terangan pengganti ijazah. Dan pada saat mendaftar di KPU Ka - ban jahe tahun 2012 lalu juga mem b erikan surat keterangan pengganti ijazah ke KPU se - hingga yang bersangkutan su - dah dua kali membuat surat ke - terangan pengganti Ijazah,” kata Kepala Subbidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Syarat materil dalam mem - buat surat keterangan peng gan - ti Ijazah itu, yakni yang ber sang - kutan terdaftar pada buku induk siswa di sekolah yang dimaksud, raport atau nilai serta terdaftar sebagai peserta ebtanas di Dinas Pendidikan seangkatannya. “Nah, setelah ditelusuri di Dinas Pendidikan dan dimana yang bersangkutan sekolah, yakni STM Kampung Baru tidak di te - mukan data-data itu se bag ai - mana yang ditandatangani Ke - pala Sekolah bermarga Ra ja gukguk kala itu,” tuturnya.

Hingga saat ini mereka masih menelusuri kasus tersebut dan belum ada status yang di te tap - kan kepada yang Kena Ukur. frans marbun

Popular content