• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

MENUJU NEGERI SAMBA

D’ANDORRA – Belanda tinggal selangkah lagi merebut tiket ke Brasil. Tim berjuluk De Oranje itu bisa mewujudkan hal tersebut jika mengalahkan Andorra dalam lanjutan Kualifikasi Grup D Piala Dunia 2014 Zona Eropa di Estadi Comunal d’Andorra la Vella, dini hari ini.

Sepertinya terdengar mudah, apalagi tidak ada yang meragukan kapasitas Belanda saat melakoni laga tandang itu. De Oranje pun diprediksi bakal meraih poin penuh. Pendapat itu bisa dimaklumi. Kualitas kedua kontestan ibarat langit dan bumi. Hampir tidak mungkin bagi tuan rumah mematahkan ramalan itu. Belanda bertengger di peringkat 5 FIFA, sedangkan Andorra berada 200 tingkat di bawahnya. Prestasi yang dikemas juga sangat bertolak belakang.

Robin van Persie dkk belum terkalahkan selama 12 laga beruntun, baik resmi maupun uji coba. Negeri Kincir Angin itu pun berstatus pemimpin klasemen sementara. Sementara Andorra yang kini ditangani Koldo Alvarez belum pernah memetik kemenangan sejak menundukkan Makedonia 1-0, 13 Oktober 2004, di Kualifikasi Piala Dunia 2006. Setelah itu, mereka cuma mencatat lima imbang dan selebihnya 57 kekalahan. Hasil itu yang membuat mereka bercokol di juru kunci Grup D.

Rekor pertemuan turut pula memihak Belanda. Tim tamu menyapu bersih lima duel yang dijalani kontra Andorra. Artinya, armada Louis van Gaal diprediksi bakal merebut status juara grup, meski masih tersisa dua pertandingan lagi. Belanda memang lebih difavoritkan di pertandingan itu lantaran hamparan pemain. Van Gaal dikawal sejumlah nama besar yang merumput di kompetisi Eropa, sebut saja Van Persie, Dirk Kuyt, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Kevin Strootman. Ini jauh berbeda dibandingkan komposisi pemain Andorra.

“Saya punya ambisi mengantarkan Belanda mengikuti Piala Dunia 2014 dari grup ini (sebagai pemimpin klasemen). Tim ini memiliki banyak pemain yang bertekad mempersembahkan hadiah itu untuk saya,” ungkap Van Gaal, dilansir telegraf.

Belanda akan mengumpulkan 22 poin seandainya berjaya di Estadi Comunal d’Andorra la Vella. Itu membuat mereka unggul sembilan angka atas Rumania yang saat ini mencatat 13 poin. Sementara Rumania harus menjamu lawan berat, yakni Turki di Arena National pada hari yang sama. Jika Belanda mengemas kemenangan, selisih tidak mungkin lagi dikejar. Namun, faktor nonteknis bisa saja terjadi pada laga nanti. Pemicunya adalah hasil imbang 2-2 antara Belanda versus Estonia di A Le Coq Arena.

Ketika itu, runner-upPiala Dunia 2010 tersebut nyaris tumbang lantaran tertinggal 1-2 hingga menit terakhir. Beruntung, Belanda mendapat hadiah penalti yang berhasil dieksekusi Van Persie. Kejutan seperti itu bisa saja terjadi. Andorra bukan tidak mungkin menjadi batu sandungan. Apalagi, tuan rumah akan tampil tanpa beban setelah tersisih dari persaingan lantaran belum mendapat angka.

Biasanya, lawan seperti ini cukup merepotkan. “Kami harus tetap tenang. Belanda pasti datang dengan kepercayaan diri tinggi. Itu yang mungkin bisa kami manfaatkan. Sekarang yang terpenting, kami harus segera mengembalikan kebugaran,” ucap Alvarez, dikutip bondia. m mirza

Popular content