• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Sistem 4 in 1 di Pasteur Permanen

BANDUNG– Peraturan mobil berpenumpang minimal empat orang atau four in one (4 in 1) yang diberlakukan setiap akhir pekan di kawasan Pasteur telah ditetapkan.

Penetapan ditandai dengan telah disahkannya Keputusan Wali Kota No 551/Kep.582- DisHub/2013 tentang Penetapan Kawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Kewajiban Mengangkut Paling Sedikit Empat Orang Penumpang bagi Kendaraan Bermotor Perseorangan pada Ruas Jalan Tertentu di Kota Bandung. Kepwal tersebut disahkan pada Agustus 2013 lalu.

“Dengan dikeluarkannya kepwal 4 in 1sebagau payung hukum, maka setiap pelanggar akan dikenakan sanksi,” kata Kasat Lalu Lintas Polrestabes Bandung AKBP Yully Kurniawan kemarin. Yully mengungkapkan, salah satu isi kepwal yaitu menetapkan waktu pemberlakukan 4 in 1 setiap Sabtu mulai pukul 09.00 WIB hingga 14.00.

Setiap kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Dr Djunjunan (Pasteur) harus berpenumpang minimal empat orang. “Dengan kata lain setiap kendaraan yang keluar gerbang tol Pasteur juga harus memenuhi peraturan tersebut,” ujarnya. Meskipun sudah terbit kepwal 4 in 1, lanjut Yully, hal itu tidak bisa langsung efektif dilaksanakan. Perlu dilakukan sejumlah persiapan sarana dan prasarana pendukung lain sebelum sistem 4 in 1 diterapkan.

 Kepwal baru sebatas diputuskan dan memiliki legalitas. Saat ini kepolisian masih menunggu pemasangaan rambu-rambu di sepanjang Jalan Dr Djunjunan serta kelengkapan lain. Besaran denda bagi pelanggar pun masih dirumuskan. “Dalam penegakan kepwal ini melibatkan stakeholder lain yang mendukung berjalannya aturan tersebut,” kata Yully.

Namun demikian, untuk pekan ini aturan 4 in 1 tetap diterapkan dan hanya mengalihkan arus kendaraan yang masuk ke Bandung ke jalur alternatif yang sudah ditetapkan. Diharapkan 4 in 1 akan mengatasi penumpukan kendaraan di gerbang tol Pasteur yang terjadi setiap akhir pekan.

Pada uji coba yang telah dilakukan sejak Januari 2013 lalu, setiap kendaraan kurang dari empat penumpang dan hendak masuk ke Kota Bandung bisa memanfaatkan gerbang tol lain seperti Buahbatu, Pasirkoja atau Mohamad Toha. raden bagja mulyana

Popular content