• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Cermati DPT!

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota di Sumsel telah menetapkan daftar pemilih tetap. Masyarakat dan parpol diminta dapat mencermatinya. Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang batas waktu penetapan DPT hingga bulan depan.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel meminta seluruh masyarakat, terkhusus yang terlibat di parpol peserta pemilu hingga tingkatan terendah, untuk berperan aktif dalam mencermati susunan DPT yang ditetapkan KPUDdiwilayahmasing-masing. Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya mengatakan, imbauan ini dimaksudkan agar masyarakat yang memiliki hak pilih, namun belum tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT), bisa segera melapor.

“Masyarakat yang belum terdaftar di DPT, bisa melapor sekarang kepada kami dan penyelenggara di tingkat bawah, khususnya masyarakat parpol,” kata Andika kemarin. DPT ini, menurut dia, sangat penting karena akan menjadi dasar penetapan bilangan pembagi pemilih (BPP), yang menentukan jumlah suara masingmasing caleg untuk duduk di kursi lembaga legislatif. Masyarakat dan kalangan parpol sangat berkepentingan untuk mencermati DPT ini.

Sehingga, Bawaslu menyarankan seluruh parpol dapat menggerakan seluruh infrastruktur hingga tingkatan terendah untuk mencermati ini. Terpisah, KPU Kota Palembang telah menetapkan DPT Pileg 2014 sebanyak 1.133.408 jiwa, yang berkurang dari jumlah DPT pada pelaksanaan Pilkada Sumsel, 6 Juni silam, di mana sebesar 1.139.247 jiwa. “Berkurang 5.839 mata pilih dari DPT Pilgub,” kata Komisioner KPU Palembang Divisi Teknis, Humas, Data dan Informasi Abdul Karim Nasution.

Berkurangnya jumlah DPT wilayah Kota Palembang dikarenakan kemungkinan masih terdapatnya DPT ganda antarprovinsi, pemilih pindah dan meninggal pasca pelaksanaan Pilkada Sumsel. DPT ini masih akan dicermati oleh parpol, masyarakat, dan pengawas pemilu sampai 11 Oktober nanti. ”Artinya, masih bisa bertambah dan atau berkurang sesuai dengan masukan nantinya,” kata Karim. dedy sagita


Popular content