• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

UNY Jadi Pelaksana PPG

YOGYAKARTA– Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pelaksana Pendidikan Profesi Guru (PPG) SMK Produktif 2013.

Peserta PPG yang akan menempuh pendidikan selama satu tahun ini kebanyakan guru muda. “Peserta yang mengikuti PPG kali ini memang sudah ada yang menjadi guru, tapi biasanya guru honorer atau guru tidak tetap di sekolah. Ada juga yang baru lulus pendidikan guru atau pengalaman mengajar nonformal,” ujar staf ahli Wakil Dekan I FT UNY Muhammad Ali MT kemarin.

Ditemui di kantornya kemarin, Ali menuturkan PPG SMK Produktif digelar karena pemerintah tengah gencar meningkatkan kualitas maupun kuantitas SMK. Peningkatan kualitas tersebut dimulai dengan mempersiapkan guru yang tersertifikasi dan diakui profesionalitasnya. Berbeda dengan pelaksanaan PPG sebelumnya, latar belakang para peserta yang biasanya hanya dari jalur kependidikan, kali ini juga banyak yang dari nonkependidikan.

“Bagi peserta dari jalur kependidikan, kami memberikan pendalaman materi keteknikan yang berkaitan dengan kemampuan vokasional yang diampu. Selain itu, peserta juga kami ajak merancang dan menghasilkan sebuah produk yang nantinya bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran di SMK. Untuk nonkependidikan, kami beri materi kependidikan agar kolaboratif dengan materi teknik yang mereka kuasai agar nantinya mereka bisa mendidikanak SMK jadi lebih baik,” paparnya.

Pada PPG kali ini dilakukan pembelajaran bagi tujuh prodi, yakni teknik informatika, teknik elektronika, teknik sipil dan bangunan, teknik boga, teknik busana, dan desain komunikasi visual. Tahun 2012 lalu FT UNY pernah ditunjuk menggelar dua kali PPG, yakni untuk bidang pertanian serta program studi pesawat udara dan teknik pertambangan. Disinggung mengenai pembiayaan, Ali mengaskan semua pembiayaan ditanggung oleh Dikti, mulai dari biaya kuliah hingga biaya hidup dan kebutuhan proses pembelajaran. Lulusan PPG ini nantinya akan mendapat sertifikat kompetensi.

Dengan sertifikat tersebut, lulusan PPG sudah dapat dikatakan guru bersertifikasi. “Mesti telah tersertifikasi, kami merasa proses sertifikasi kompetensi guru harusnya tidak hanya dilakukan satu kali. Perlu dilakukan tinjauan ulang dalam satu periode tertentu karena pendidikan sangatlah dinamis,” katanya.

Wakil Dekan I FT UNY Dr Sunaryo Soenaryo menuturkan, latar belakang pelaksanaan PPG SMK produktif tersebut karena saat ini banyak dibutuhkan guru prodi langka namun belum dapat disediakan oleh Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK).

“Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, secara hukum LPTK dimungkinkan untuk melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi, khususnya politeknik yang memiliki sumber daya yang relevan dengan prodi yang diperlukan,” ujarnya. ratih keswara

Popular content