• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Rumah Pintar Dibangun di Saguling

BANDUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan membangun rumah pintar di Kampung Babakan Kersen, RW 1, Desa dan Kecamatan Saguling.

Rumah itu untuk digunakan sebagai tempat berbagai kegiatan masyarakat, di antaranya bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, ekonomi kreatif, pendidikan kesehatan. Bantuan tersebut diberikan melalui Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Kecamatan Saguling, KBB. Bupati Bandung Barat Abubakar mengatakan, rumah pintar harus memiliki banyak manfaat. Karena itu, dia meminta tenaga kependidikan yang andal memberikan pendidikan kepada warga.

 “Saya ingin seluruh masyarakat KBB, termasuk di pelosok, bisa terdidik dan memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraannya,” kata Abubakar di sela-sela kegiatan P2WKSS dan peresmian Rumah Pintar Bunda Binangkit di Kecamatan Saguling kemarin. Dia pun berterima kasih kepada salah seorang warga Kampung Babakan Kersen, Yaya Jayuswaya, 72, yang menghibahkan tanah seluas 150 m2 untuk dibangun rumah pintar.

Sebab, berbagai program pemerintah tanpa dukungan, peran serta, dan keterlibatan masyarakat, tidak akan berjalan. Karena itu, rumah pintar harus dimanfaatkan sebaikbaiknya demi pendidikan warganya. Kepala Desa Saguling Asep Jakarsih mengaku, dari 2.528 kepala keluarga (KK) di desanya, sekitar 40% masih dalam kondisi prasejahtera atau miskin.

Penanggung jawab program P2WKSS KBB Nurdjulaeha mengatakan, selain pembangunan rumah pintar, program ini pun menyasar bidang-bidang lain. Seperti bidang umum, yakni pengecatan rumah, pembuatan rumah pintar, pemasangan listrik. Bidang pendidikan berupa pelatihan, pembuatan aneka kue, pembuatan perpustakaan, pemberian Alquran. adi haryanto

Popular content