• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Data Valid, Pendampingan BLSM DIY Baru Akan Cair

YOGYAKARTA– Pemda DIY sudah mengalokasikan Rp10,6 miliar dana pendamping bantuan langsung sementara masyarakat atauBLMSdari APBDPerubahan 2013.

Anggaran ini diperuntukkan bagi warga miskin di DIY yang tidak masuk program kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dari pemerintah pusat. Meski demikian, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mensyaratkan dana akan cair bila ada data valid. “Itu sebenarnya permintaan dari menteri dalam negeri. Kalau memang masih dianggap kurang, daerah diminta menyiapkan (anggaran),” ucapnya kemarin.

Sultan mengatakan Pemda DIY sudah menyiapkan anggarannya. Bahkan sudah disetujui oleh DPRD setempat dalam penetapan APBD Perubahan 2013. “Meski sudah ada, jangan serta-merta dicairkan. Selama belum ada data yang lengkap dan valid, yo ojo(jangan) dikeluarkan,” ujarnya. Raja Keraton Yogyakarta ini berharap warga miskin di DIY yang tidak masuk program BLSM bisa merasakan manfaat dari keuangan daerah ini. Pemkab dan pemkot di DIY diminta segera mendata warga miskinnya.

“Datanya harus diverifikasi dulu agar tidak salah sasaran,” katanya memberi syarat. Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) DIY Untung Sukaryadi mengatakan anggaran pendamping BLSM Rp10,6 miliar sudah ditetapkan. Namun, sampai saat ini belum ada data komplit calon penerima mengingat yang memiliki data pemkab dan pemkot. Menurut dia, sejauh ini warga miskin yang sudah terpantau tidak menerima BLSM di DIY berkisar 2.000 jiwa.

Angka tersebut berdasarkan program keluarga harapan (PKH) yang dilakukan dinas yang dipimpinnya. Untung mengatakan dana pendamping BLSM Rp10,6 miliar itu akan disalurkan kepada masing-masing penerima setelah penyaluran BLSM tahap II dari pemerintah pusat sudah selesai. Dia memprediksi bulan ini penyaluran (tahap II) BLSM sudah tuntas. Setelah itu, baru diketahui berapa warga miskin yang tidak mendapatkan dana kompensasi ini. ridwan anshori

Popular content