• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Sistem Play-Off Jadi Favorit

JAKARTA– Dua rekomendasi muncul dalam pertemuan PSSI dengan klub-klub peserta Indonesian Premier League (IPL) di Jakarta kemarin.

Kedua opsi yang dimaksud adalah melakoni sistem play-off atau verifikasi langsung mana klub-klub yang layak masuk empat besar perwakilan IPL. Salah satu dari opsi tersebut akan disahkan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Sistem play-off yang dimaksud adalah PSSI akan membagi 10 klub peserta menjadi 2 grup. Dari kedua grup tersebut akan diambil masing-masing 3 klub teratas. Keenam klub akan digabungkan dengan Semen Padang yang saat ini duduk di posisi puncak klasemen IPL.

Lalu seluruh klub tersebut akan diverifikasi PSSI. Adapun rekomendasi kedua adalah langsung memverifikasi seluruh klub. Dari sana akan dilihat mana-mana saja klub paling siap untuk masuk dalam empat besar perwakilan IPL. Nantinya, empat klub tersebut akan bergabung dengan 18 klub dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) dan akan memenuhi kuota 22 klub dalam unifikasi liga pada 2014 mendatang.

“Hari ini (kemarin) mencari opsi dan format kompetisi ke depan untuk Divisi Utama dan IPL. Alhamdulillah sudah didapatkan rekomendasi tersebut,” ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono selepas menggelar pertemuan dengan 11 klub IPL. Kompetisi IPL dihentikan karena dianggap tidak berjalan sesuai dengan regulasi seperti jadwal yang amburadul hingga persoalan tunggakan gaji pemain. Keputusan itu kemudian mengundang protes dari klubklub IPL dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku penyelenggara IPL.

Sementara itu, anggota Exco Djamal Aziz menjelaskan, Exco akan membahas penentuan mana format kompetisi IPL ke depan secara terperinci. Akan tetapi jika melihat hasil dari pertemuan antara PSSI dan 11 klub IPL, dia memprediksi ke- 11 klub tersebut lebih memilih menjalankan format play-off yang ditawarkan PSSI. “Tapi ya kita lihat nanti saja, keputusan apa yang akan diambil,” jelas Djamal.

Kedua rekomendasi tersebut mendapat tanggapan positif. CEO LPIS Widjajanto menyatakan, pihaknya akan mematuhi semua keputusan soal dua rekomendasi format ke depan IPL yang akan diputuskan dalam rapat Exco PSSI. “Hari ini bukan forum pengambilan keputusan. Unifikasi yang penting mengambil empat klub terbaik dari IPL. Seperti sebelum-sebelumnya, LPIS akan mematuhi semua keputusan Exco PSSI,” papar Widjajanto.

Dia melanjutkan, mengenai PSSI yang akan mencabut mandat LPIS, Widjajanto menegaskan pihaknya bukan yang memiliki mandat soal itu. “Kalau memang dicabut, kami terima itu. Tapi kami akan menempuh jalur perdana dan PSSI kami minta menghormati apa yang kami lakukan,” imbuhnya. decky irawan jasri

Popular content