• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

BABAK PLAY OFF IPL - PSM Boyong 24 Pemain ke Jepara

Pemain PSM tengah berlatih di Stadion Andi Mattalatta, beberapa waktu lalu. PSM dijadwalkan bertolak ke Jepara 10 Oktober mendatang untuk menjalani babak play off IPL.

MAKASSAR– PSM memasang target lolos pada babak play off Indonesian Premier League (IPL) yang digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jawa Tengah, akhir pekan nanti.

Tidak tanggung-tanggung, pasukan Ramang memboyong seluruh skuad atau 24 pemain ke markas Persijap tersebut. Berdasarkan jadwal yang dirilis PSSI, setiap tim hanya mendapatkan jeda istirahat pertandingan selama satu hari. Pada laga pertama yang digelar Selasa (15/10), Pasukan Ramang akan meladeni Pro Duta FC Medan. Berselang dua hari kemudian, tim Juku Eja menantang PSLS Lhoksumawe, Bontang FC, dan terakhir Persijap Jepara.

Media Officer PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina mengungkapkan, pengurus dan tim pelatih sepakat memberangkatkan seluruh pemain untuk melakoni laga play off setelah kompetisi IPL tidak diakui lagi oleh PSSI. Menurutnya, 24 pemain tersebut siap dimainkan untuk mencapai target lolos ke kompetisi utama, Indonesian Super League (ISL). “Seluruhnya, 24 pemain kita berangkatkan ke Jepara.

Tidak ada yang ditinggalkan. Tiga pelatih dan empat official tim juga ikut untuk mendukung pemain,” jelasnya kepada KORAN SINDO,tadi malam. Wina mengatakan, untuk menjaga kebugaran, pemain dan pelatih akan diberangkatkan menuju Jepara pada Kamis (10/10) mendatang. Dengan demikian, anak-anak Juku Eja memiliki waktu untuk recovery mengingat kompetisi baru bergulir pada Minggu (13/10).

”Jadwal kickoffpada 13 Oktober. Jadi PSM akan berangkat lebih awal agar stamina pemain bisa tetap dalam kondisi yang baik saat pertandingan,” jelasnya. Menurutnya, saat ini, Andi Oddang dkk tengah libur selama empat hari, setelah menjalani laga tur Sumatera melawan Semen Padang dan Pro Duta Medan. Pemain diinstruksikan untuk melakukan recovery untuk menjaga stamina.

Selain itu, beberapa pemain menjalani fisioterapi mengingat sejumlah pilar PSM mengalami cedera usai lawatan ke Sumatera. “Pemain yang mengalami cedera telah mendapatkan program khusus dari fisioterapis PSM dan sementara dijalankan. Pastinya kita semua menginginkan yang terbaik dalam menjalani babak play off nantinya. Kita pastinya menargetkan bisa lolos ke kompetisi utama,” katanya.

Sekadar diketahui, dalam babak play off, klub kebanggaan warga Sulsel ini masuk pada grup K bersama tim tuan rumah Persijap Jepara, Pro Duta FC Medan, PSL Lhouksumawe, dan Bontang FC. Jika berkaca pada statistik kompetisi IPL, hanya Pro Duta yang berada di atas PSM dalam klasemen sementara. Pada laga terakhir di Medan, Pro Duta FC berhasil mengalahkan PSM dengan skor 2-0 di stadion Teladan Medan (2/10) lalu.

Pada putaran pertama lalu, Andi Oddang dkk berhasil menjinakkan Laskar Pegasus-julukan Pro Duta FC dengan 1-0 di Stadion Andi Mattalatta. Sementara Persijap, PSLS dan Bontang FC masih berada di bawah posisi PSM yang bercokol di posisi kelima dengan 35 poin. Bukan hanya itu, pada putaran pertama lalu PSM berhasil menekuk Persijap dengan skor 2-1, melibas Bontang FC di kandangnya sendiri dengan skor 0-2 dan merebut tiga poin di kandang PSLS dengan skor tipis 0-1.

Kendati demikian, PSM harus mewaspadai kekuatan Persijap Jepara yang berstatus tuan rumah. Sementara itu, mantan pemain PSM, Ali Baba menilai, kans skuad Juku Eja menembus kompetisi ISL sangat terbuka lebar. Menurut dia, lawan terkuat hanya Persijap Jepara mengingat statusnya sebagai tuan rumah. “Kalau dilihat dari lawan di Grup K, hanya Persijap Jepara yang bisa jadi lawan kuat, apalagi sebagai tuan rumah. Untuk Pro Duta FC Medan, saya belum tahu pasti kekuatannya.

Tapi semua tim tetap harus diwaspadai,” kata dia. Untuk menjaga kans lolos, pemain yang membawa PSM juara liga pada musim kompetisi 1999/2000 ini meminta agar seluruh skuad menjaga stamina. Selain itu, manajemen diminta untuk memperhatikan asupan gizi pemain. “Kalau soal mental saya yakin PSM punya itu. Apalagi dengan kondisi seperti ini, pemain pasti bisa lebih semangat lagi,” tutupnya.

Terpisah, pelatih sementara PSM Imran Amirullah menyatakan akan mengumpulkan seluruh pemain sekaligus mematangkan persiapan tim, Senin (7/10) besok. Menurutnya, tim pelatih akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pemain yang menjadi starter pada laga tur Sumatera. ”Saya belum bisa menentukan komposisi pemain yang akan diturunkan di babak play off. Kita lihat nanti dilatihan, saya belum bisa tentukan sekarang,” kata dia.

Rasyid Masuk Timnas

Sementara itu, ditengah persiapan PSM melakoni babak play off, kabar gembira berhembus dari PSSI. Gelandang muda Pasukan Ramang, Rasyid Assyahid Bakri, dinyatakan lolos seleksi tim nasional Indonesia untuk berlaga di SEA Games Myanmar, Desembar mendatang. Badan tim nasional merilis 37 nama termasuk Rasyid untuk mengikuti training center (TC) di Universitas Negeri Yogyakarta yang digelar 6-27 Oktober. Sebelumnya, skuad ini memperkuat timnas U-23 pada kompetisi Islamic Solidarity Games(ISG) di Palembang.

Dari 37 pemain yang dipanggil untuk menjalani pusat pelatihan, masih akan dirampingkan hingga 23 nama. ”Insya Allah saya berangkat dan saya sengat senang karena masih dipanggil timnas untuk membela Indonesia. Saya akan berusaha untuk lolos masuk tim inti,” kata Rasyid Bakri kepada KORAN SINDOtadi malam.

Sementara itu, media officer PSM Andi Widya Syadzwina yang dikonfirmasi mengenai lolosnya pemain muda skuad Juku Eja PSM ini pada seleksi akhir di timnas Indonesia U-23, belum bisa memberikan komentarnya. “Belum ada pemberitahuan. Tunggu surat resminya dulu lah sampai tanggala berapa TC, baru didiskusikan di internal,” kata dia. agus nyomba

Popular content