• Badai Petir

    Jakarta

    Badai Petir
    32 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Badai Petir

    Bandung

    Badai Petir
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Yogyakarta

    Mendung Sebagian
    29 °C

  • Mendung Sebagian

    Surabaya

    Mendung Sebagian
    33 °C

  • Mendung Sebagian

    Makassar

    Mendung Sebagian
    35 °C

  • Badai Petir

    Padang

    Badai Petir
    29 °C

Bersamaan Pileg, Enam Pilkades 2014 Diundur

BOYOLALI – Enam agenda pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2014 ditiadakan karena penyelenggaraan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres).

Pilkades akan digelar kembali pada 2015. Kabag Pemerintah Desa (Pemdes) Setda Boyolali Purwanto mengemukakan, 2014 nanti terdapat lima kepala desa (kades) yang habis masa jabatannya serta satu kades yang meninggal dunia. Keenam desa itu adalah Kopen (Kecamatan Teras), Ngagrong (Ampel), Glintang (Sambi), Jurug (Mojosongo), dan Kedungrejo (Kemusu), serta Gubug (Cepogo). Salah satu dasar penundaan adalah Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 140/7635/PMD tentang penundaan Pilkades 2014 sehubungan dengan diselenggarakannya pileg.

“Pelaksanaan baru akan dilakukan tahun 2015 nanti dengan mempertimbangkan keamanan, ketertiban dan kondusivitas. Tapi sebelumnya, kebijakan itu akan kami konsultasikan dengan bupati,” ujar Purwanto kemarin. Pada rancangan APBD 2014 terdapat alokasi dana untuk pilkades. Dengan adanya penundaan, praktis usulan dana akan didrop.

“Sudah kami anggarkan dalam RAPBD 2014 bantuan untuk penyelenggaraan pilkades masing-masing desa sekitar Rp7,5 juta. Kemungkinan didrop,” tandasnya. Wakil Ketua DPRD Boyolali Fuadi mengatakan, jika pilkades tahun depan ditiadakan maka sudah seharusnya usulan anggaran dicoret. “Sehingga bisa dialihkan untuk program lainnya,” ujarnya. ary wahyu wibowo

Popular content