Hari-hati Penipuan Berkedok SMS Berhadiah

MEDAN – Penipuan berkedok SMS berhadiah kembali mewabah di Kota Medan. Selain memanfaatkanSMS( pesanponsel), sindikat penipuan itu memiliki cara jitu dengan mengarahkan korbannya untuk melihat website tertentu.

Modusnya dengan mengabarkan sebagai pemenang undian berhadiah. Leni Wijaya, 45, misalnya. Ibu rumah tangga warga Jalan Asia ini kerap mendapatkan SMS penipuan berhadiah tersebut. Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang ditawarkan pun cukup mengggiurkan yakni sebesar ratusan juta. Uniknya, sindikat penipuan itu tidak henti-hentinya berupaya menipu si korban.

Para pelaku berulang kali memberikan sms kepada korbannya. “SMS-nya sangat menyakinkan. Kalau tidak pintar-pintar, bisa saja kita tertipu. Soalnya, isi pesannya mengarahkan kita untuk melihat website salah satu perusahaan telekomunikasi,” paparnya.

Leni menambahkan, di website tersebut, sipemenangdiminta mengisi data pribadi seperti nomor rekening dan lainnya. “Kalau tidak salah website adalah www.mkiosisiulang.weebly.com. Sayangnya, website itu tidak bisa dibuka lagi. Mungkin, sudah banyak orang yang tahu bahwa itu website penipu,” paparnya.

Selain penipuan berkedok SMS, penipuan berkedok undian perbankan juga kerap meresahkan masyarakat. “Kemarin, saya dapat sms yang menyatakan saya sebagai pemenang undian berhadiah dari BRI. Saya dinyatakan berhasil memenangkan undian BRI Untung Beliung, hadiahnya satu unit mobil Toyota Avanza.

Dari SMS itu, saya diarahkan untuk membuka website www. briuntungbeliung. webs.com yang kinitidak bisa dibuka,” papar Mahmud Nasution, 54, warga Jalan Rahmadsyah, Medan. ●dicky irawan

Popular content